kkn unud
Mahasiswa KKN-PPM XXV UNUD Turut Serta dalam Melakukan Berbagai Kegiatan Peningkatan Produksi Khususnya Pada Bidang Pariwisata di Desa Sakti. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Pada bulan Juli – Agustus mahasiswa KKN-PPM XXV Universitas Udayana 2022 melakukan kegiatan berbagai program kerja untuk meningkatkan kesejahteraan Desa Sakti melalui pembelajaran dini, peningkatan produksi wisata, pembangunan desa serta kesehatan masyarakat.

Salah satu bidang kerja untuk mencapai tujuan ini adalah bidang peningkatan produksi melalui beberapa program kerja yaitu pendataan destinasi pariwisata dan penginapan, sosialisasi digitalisasi pariwisata, serta promosi online objek wisata.

Program kerja pendataan destinasi pariwisata dan penginapan ini dilakukan pada tanggal 18 Juli 2022 dengan kegiatan pergi ke Kantor Desa untuk menanyakan terkait data penginapan dan beberapa destinasi pariwisata di Desa Sakti dengan sasaran untuk masyarakat Desa Sakti. Kegiatan pendataan terhadap destinasi wisata dan penginapan di Desa Sakti diharapkan agar memudahkan untuk mempromosikan destinasi wisata dan sosialisasi terhadap digitalisasi pariwisata di Desa Sakti.

Program kerja ini penting karena destinasi pariwisata merupakan suatu tempat yang akan dijadikan seseorang sebagai tujuan menghabiskan waktu sambil menikmati keindahan yang ada, termasuk tempat wisata dan penginapan. Banyaknya destinasi wisata dan penginapan yang terletak di Desa Sakti, menjadikan Desa Sakti sebagai desa yang berpotensi tinggi dalam bidang pariwisata.

Baca Juga :  Beda Masalah, Selesai di Tempat yang Sama

Program kerja sosialisasi digitalisasi pariwisata dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli 2022-16 Agustus 2022 dengan mengunjungi 30 tempat penginapan yang berada di Desa Sakti dan menjelasakan pentingnya digitalisasi pariwisata di era saat ini. Mengenai sasaran program kerja digitalisasi pariwisata ini untuk masyarakat Desa Sakti terutama pemilik tempat penginapan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait Digitalisasi Pariwisata dalam pemasaran tempat penginapan melalui media online/digital.

Program kerja ini menjadi penting karena digitalisasi merupakan proses perpindahan suatu model bisnis kearah digital.

Baca Juga :  Dapatkan Tab Samsung S9 di Blibli Harga Terjangkau

Oleh karena itu apabila kita ingin meningkatkan perekonomian pariwisata saat ini sangat perlu menggunakan digitalisasi pariwisata. Adanya sistem internet, perangkat digital, video dan foto pariwisata yang menarik, situasi objek wisata yang bersih adalah unsur penting digitalisasi pariwisata untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dibidang pariwisata saat ini di masa pandemi Covid-19.

Adapun program kerja promosi online objek wisata dilakukan mulai tanggal 20 Juli 2022 – 20 Agustus 2022 dengan mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di Desa Sakti seperti Pandan Beach, Crystal Bay, Green Kubu, Gamat Bay, Turtle Beach, Bulian Beach, Lumangan Beach, Angel’s Bilabong, Broken Beach, Dolphin Beach, Smoky Beach, dan Puyung Beach.

Baca Juga :  Tips Memilih Sarung yang Nyaman, Beli di Blibli Lebaran Promo Lebih Hemat!

Pengambilan foto dan video di berbagai tempat tersebut untuk dijadikan sebagai konten promosi online objek wisata. Konten tersebut kemudian di upload melalui akun media sosial KKN Unud Desa Sakti 2022 dan di repost oleh seluruh anggota KKN Unud Desa Sakti 2022. Mengenai sasaran program kerja promosi online objek wisata ini untuk masyarakat Desa Sakti dengan tujuan untuk membantu mempromosikan objek wisata di Desa Sakti yang masih belum banyak di ketahui oleh orang-orang, sehingga dapat meningkatkan pendapatan desa. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News