kkn unud
Mahasiswa KKN-PPM XXV Universitas Udayana Mengidentifikasi Potensi Pertanian di Desa Sekartaji. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Desa selalu memiliki sektor-sektor penting sebagai surplus sumber daya strategis untuk menghasilkan income dalam membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, merupakan salah satu desa yang berpotensi di bidang pertanian.

Desa Sekartaji memiliki tanah yang subur sehingga cocok untuk bercocok tanam terutama dalam menanam berbagai jenis umbi-umbian. Mayoritas komoditas hasil pertanian Desa Sekartaji adalah kacang tanah, kacang merah, jagung, pisang, maupun singkong. Adapun jagung dan singkong merupakan komoditi unggulan Desa Sekartaji.

Baca Juga :  FKH Unud selenggarakan Yudisium dan Pelantikan Dokter Hewan Secara Offline Perdana Tahun 2022

Berdasarkan hasil wawancara antara mahasiswa KKN-PPM XXV Universitas Udayana dengan Bapak Komang Kertayasa (Bendesa Adat Desa Sekartaji) yang dilaksanakan pada senin (22/8/2022), bahwa petani memupuk tanamannya dengan menggunakan pupuk organik dari kotoran sapi.

Peningkatan produksi hasil pertanian Desa Sekartaji yang lain seperti jagung dan singkong yang merupakan komoditi unggulan, perlu mendapatkan perhatian untuk dikelola secara maksimal. Selama ini kedua bahan pokok tersebut lebih banyak dimanfaatkan penduduk Desa Sekartaji untuk dikonsumsi secara mandiri.

Adapun alasan pemilihan penanaman benih jagung dan singkong dikarenakan petani di Desa Sekartaji mengalami kesulitan dalam menanam padi yang memerlukan pengairan secara terus menerus. Hal ini berbanding terbalik dengan kendala pertanian yang dihadapi Desa Sekartaji yaitu kurangnya sumber daya air untuk irigasi sehingga para petani menggantungkan pengairan lahan pada curah hujan. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini