lppm unud
LPPM Unud Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam Bentuk Pelayanan Kesehatan Umum. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – LPPM Unud (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Udayana) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelayanan kesehatan umum kepada ibu-ibu PKK dan lansia yang berlokasi di Kantor Desa Kutampi Kaler, Nusa Penida pada Jumat (26/8/2022).

Prof. Dr.drh. I Nyoman Suarsana, M.Si selaku Ketua LPPM UNUD dalam pemaparannya menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka Dies Natalis ke – 60 Universitas Udayana.

“Kegiatan ini berfokus pada bidang pelayanan kesehatan,”ucapnya.

Pelayanan kesehatan ini diberikan kepada calon ibu, ibu-ibu PKK, dan lansia yang ada di Desa Kutampi Kaler. Sasaran dalam kegiatan ini adalah 150 orang.

Baca Juga :  FKH Unud dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi Bali Berikan Bimbingan Teknis Manajemen Peternakan  

Jenis-jenis kegiatan yang dilaksanakan berupa pelayanan kesehatan umum berupa pengecekan tensi, gula darah, dan juga kolesterol. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pemeriksaan umum apabila ada hal-hal yang bersifat spesifik akan dibawa ke puskesmas. Namun, apabila tidak ada hal-hal yang spesifik, masyarakat akan diberikan obat ditempat.

Pelayanan kesehatan ini menerjunkan tim dari Fakultas Kedokteran yang terdiri dari enam dokter dan dua orang yang membantu dokter.

Dr. dr. I Gusti Ayu Widiantini, M. Biomed selaku perwakilan dari tim medis Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memaparkan bahwa persiapan yang dilakukan berupa screening tensi, jika ada indikasi gula darah tinggi, asam urat, maupun kolesterol, masyarakat tersebut akan diberikan obat.

“Adapun obat-obatan yang dibawa berupa analgesik, antibiotik, vitamin, dalam bentuk sirup, tablet, dan salep,”ungkapnya.

Obat-obatan ini disiapkan untuk segala jenis usia mulai dari anak-anak sampai lansia. Obat-obatan dalam bentuk sirup telah disiapkan bagi anak-anak. Kegiatan pelayanan kesehatan umum kepada pkk dan lansia di Desa Kutampi Kaler, Nusa Penida ini sudah berjalan dengan baik. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini