Denpasar
Wawali Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat mengunjungi Kawasan Sarinah dan M Bloc, Sabtu (27/8/2022) di kawasan M Bloc Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyambangi creative hub multi fungsi bernama Sarinah dan M Bloc yang berada di kawasan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (27/8/2022). Hal ini dilaksanakan guna mewujudkan kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan Perumda Pasar Sewakadarma serta pengelolaan dan penataan creative hub di Kota Denpasar. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi bangunan yang nantinya akan dibangun dalam penataan Kawasan Suci, yang menjadi salah satu fokus program pembangunan infrastruktur di Kota Denpasar. Turut mendampingi Kadis PUPR Kota Denpasar, A.A Ngurah Bagus Airawata, Dirut Perumda Pasar Sewakadarma, I.B Kompyang Wiranata, serta Dinas terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali Arya Wibawa mengatakan, bahwa pembangunan creative hub sebagai sebuah simpul pelaku ekonomi kreatif yang diharapkan dapat menampung berbagai ide kreatif. Selain itu, keberadaan simpul kreatif ini diharapkan dapat membangun dan meningkatkan kegiatan bagi para pelaku ekonomi kreatif itu sendiri yang akan menghasilkan produk yang bernilai ekonomis. Seperti halnya gedung Dharma Negara Alaya yang merupakan creative hub yang sekarang sudah berdiri dan beroprasi selama kurang lebih 3 tahun. Dimana, keberadaan DNA menjadi wahana pertemuan para pelaku sektor ekonomi kreatif. Sehingga sering terciptanya acara-acara yang melibatkan kedua belah pihak, yang mana gedung Dharma Negara Alaya menjadi fasilitator dalam terciptanya creative hub lainnya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri FGD BPJS Ketenagakerjaan, Bahas Perlindungan Terhadap Pekerja Rentan di Kota Denpasar

Dijelaskannya, tingginya antusias masyarakat pelaku ekonomi kreatif serta seniman yang berkegiatan di gedung Dharma Negara Alaya menyebabkan padatnya jadwal layanan. Sehingga diperlukan fasilitas baru untuk menampung seluruh minat dan antusias masyarakat dalam berkesenian serta ekonomi kreatif.

“Kami ingin memberikan ruang bagi anak muda serta pelaku ekonomi kreatif di Kota Denpasar dimana pembangunan creative hub merupakan simpul untuk menampung berbagai ide-ide kreatif dari para pelaku ekonomi kreatif itu sendiri,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa sejatinya tujuan utama dari Pemerintah Kota Denpasar mengembangkan serta penataan creative hub tidak terlepas dari adanya pandemi Covid-19. Sehingga untuk menggerakan kembali roda perekonomian serta memberi ruang kreatif bagi masyarakat, pelaku ekonomi kreatif bahkan sampai seniman di Kota Denpasar pasca pandemi melanda diperlukan ide-ide kreatif dan solutif.

Sementara Pengelola M Bloc, Jacob Gatot Sura mengatakan, M Bloc sendiri merupakan sebuah ruang kreatif bangunan rumah bergaya vintage dengan arsitektur tropis dekade 1950-an yang berdiri dan tertata rapi di pinggir jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pada zaman dulu rumah-rumah ini adalah rumah dinas Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).

Baca Juga :  BAN-PDM Provinsi Bali Gelar Rapat Koordinasi Daerah Tahap I Tahun 2024

Jacob menuturkan, sebanyak 16 rumah dinas berubah menjadi deretan kedai dengan merek lokal. Sementara pada bagian belakang deretan rumah terdapat gudang yang terdiri dari 12 buah bangunan. Kini, gudang-gudang tersebut telah beralih fungsi menjadi kedai serta tempat pertunjukan musik.

Disisi lain, Pimpinan Eksekutif M Bloc, Handoko Hendroyono menerangkan, sebelum aset bangunan tersebut berubah menjadi creative hub, pihak Peruri sudah memiliki masterplan untuk mengubah kompleks gedung yang berada di Jalan Panglima Polim ini menjadi superblok. Salah satu hal yang paling menonjol dari pengembangan ini adalah tidak adanya ruang parkir kendaraan.

Baca Juga :  Masyarakat Minati Pasar Murah Jelang Lebaran, Buru Beragam Kebutuhan Dengan Harga Terjangkau

Handoko menuturkan, cara ini dipilih guna mengedukasi sekaligus memaksa publik untuk lebih memanfaatkan fasilitas publik. Tak hanya itu, cara ini diharapkan dapat menghidupkan kembali budaya berjalan kaki. Tujuan pengelola M Bloc Space untuk tidak memberikan tempat untuk parkir justru menambah ruang publik baru.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News