Denpasar
Inventarisasi Pohon, Pemkot Gelar Pelatihan Bersama Word Research Institute. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – WRI (World Research Institute) Indonesia, adalah sebuah organisasi yang mempunyai misi menggerakkan manusia untuk hidup dengan melindungi lingkungan. Melalui inisiatif program Cities4Forests, WRI bermaksud untuk mendukung jajaran pemerintah kota yang merupakan anggota Cities4Forests di Indonesia untuk melakukan pengelolaan pohon perkotaan.

Bentuk dukungan itu, salah satunya adalah dengan Pelatihan Inventarisasi Pohon untuk jajaran OPD di Pemerintah Kota Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (30/8/2022) di Gedung DNA Lumintang Denpasar. Pelatihan Inventarisasi Pohon ini dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Sekretariat Daerah Kota Denpasar, A.A Gede Risnawan mewakili Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara.

Baca Juga :  Pertina Bali Maksimalkan Persiapan Menuju PON ke-21 dengan Latihan di Uzbekistan

Pelatihan ini ditujukan untuk menginventarisasi pohon yang ada di Kota Denpasar, untuk mendapatkan pemeliharaan yang lebih baik. Selain inventarisasi pohon, kegiatan yang di gelar selama 2 hari ini juga meliputi pemetaan tutupan pohon dan pembuatan sistem informasi pohon. Adapun peserta pelatihan ini berasal dari, Bappeda, Badan Penelitian dan Pengembangan, BPKAD, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Diskominfos, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, serta Bagian Kerjasama Setda Kota Denpasar.

“Pelatihan Pendataan Pohon ini memberikan manfaat penting bagi peningkatan kualitas masyarakat perkotaan, seperti fungsi pohon sebagai peningkatan kualitas udara. Salah satu aspek yang dapat dilakukan dengan inventaris pohon yaitu dengan melihat database pohon itu sendiri, yang dapat memberikan informasi berapa banyak pohon yang dimiliki di Kota Denpasar,” kata Senior Program Lead for Urban Transport Planner WRI Indonesia, Retno Wihanesta.

Baca Juga :  Edukasi Unik, Duta Anak Denpasar Berbagi Takjil Sembari Kampanye Anti Kekerasan Pada Anak

Sementara itu, Asisten II Sekretariat Daerah Kota Denpasar, A.A Gede Risnawan yang membidangi Bagian Perekonomian dan Pembangunan mengharapkan adanya kegiatan pelatihan ini dapat berjalan lancar dan bersinergi antara Pemerintah Kota Denpasar dan kabupaten lainnya di Bali untuk membangun Bali yang lebih hijau.

“Kami ucapkan terima kasih atas bentuk perhatian WRI. Kota Denpasar sendiri memiliki begitu banyak pepohonan yang berada di ruas jalan, taman kota dan sudut kota lainnya. Dengan adanya pelatihan ini dan pembekalan mengenai pengelolaan pohon dapat bermanfaat dalam kapasitas upaya menjaga kesehatan pohon, yang akan berdampak pada pemecahan solusi mengenai problem terkait dengan pohon dan lingkungan,” kata A.A Gede Risnawan.

Baca Juga :  Diikuti 1.730 Atlet Pelajar, Wawali Arya Wibawa Tinjau Porsenijar Esport di Denpasar

A.A Gede Risnawan menambahkan, kegiatan pendataan pohon ini, juga dapat dijadikan sebagai fasilitas belajar para pegawai di jajaran OPD di Pemkot Denpasar.

“Pelatihan ini diharapkan mampu untuk menaikkan kemampuan dan pengetahuan para pegawai di Pemkot Denpasar juga para tenaga teknis lainnya. Nantinya, bekal dari pelatihan ini agar dapat disosialisasikan kepada masyarakat lainnya,” imbuh A.A Gede Risnawan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News