fisip unud
FISIP Universitas Udayana Mengoptimalisasi Program MBKM Mandiri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja.

Kebutuhan untuk menciptakan proses pembelajaran yang berorientasi kepada penciptaan kompetensi lulusan, selaras dengan adanya Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2015 tentang Standar Pendidikan Nasional yang mengamanatkan adanya upaya dari setiap bagian dari institusi pendidikan untuk secara berkelanjutan melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan proses pembelajaran demi menghasilkan sebuah proses belajar mengajar yang mampu mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan, serta memproyeksikan serapan dunia kerja sebagai tujuan akhir dari pencapaian kompetensi lulusan.

Baca Juga :  Pendampingan Olahan Hasil Pertanian, FTP Unud Melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan Kecamatan Tampaksiring

Dalam rangka untuk mewujudkan itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNUD melakukan Kegiatan Seminar Nasional Merdeka Belajar Kampus Merdeka FISIP Universitas Udayana dengan mengusung tema: Implementasi dan Transformasi Kegiatan MBKM di Era Society 5.0 yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan pemahaman mahasiswa, khususnya dalam program MBKM yang dikelola mandiri oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana.

Kegiatan dilaksanakan secara luring di Aula Lantai 4 FISIP Universitas Udayana Kampus Sudirman tanggal (23/8/2022) yang dihadiri ratusan peserta. Narasumber yang diundang dalam kegiatan ini adalah Putu Cemerlang Santiyuda, S.IKom yang berkesempatan mengikuti MSIB Cycle 1 MBKM Kemdikbud di Narasi TV dan I Dewa Gede Taksusepta Reksa Armajaya, S.AP yang berkesempatan mengikuti MBKM Pejuang Muda Kemensos RI.

Baca Juga :  FP Unud Gelar Worshop Kerjasama Udayana - Russia Asean

Acara dipandu oleh Moderator Richard Togaranta Ginting, S.Sos., M.Hum., yang sekaligus menjadi PIC MBKM di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNUD. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan III FISIP UNUD Bidang Kemahasiswaan: Dr. I Made Anom Wiranata, S.IP.,M.A., juga dihadiri oleh Koordinator Prodi Ilmu Politik FISIP UNUD: Dr. Tedi Erviantono, S.IP.,M.Si. dan Koordinator Prodi Hubungan Internasional FISIP UNUD: Ni Wayan Rainy Priadarsini, S.S.,M.Hub.Int.

“Saat ini sivitas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNUD telah mengikuti program MBKM pusat di antaranya: Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri, Kampus Mengajar, Magang Bersertifikat, Studi/Proyek Independen, Penelitian dan Riset MBKM dan Kegiatan Wirausaha serta Membangun Desa/KKNT. Selain itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNUD sudah menginisiasi MBKM Mandiri dengan 16 mitra yang diharapkan dapat mendorong tercapainya 30% mahasiswa yang mengikuti program MBKM yang dicanangkan pemerintah,” ucap Made Anom Wiranata. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini