farmasi unud
Farmasi Peduli Kesehatan 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Farmasi Peduli Kesehatan merupakan salah satu program kerja Himafarma Udayana yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat serta memperkenalkan profesi apoteker kepada masyarakat luas.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa Farmasi kepada sesama yang merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Ruang lingkup dari acara ini yaitu internal Farmasi dan Apoteker Udayana.  Kegiatan ini diadakan di Desa Tajen, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Persiapan acara dimulai dari awal Agustus dan hari puncaknya dilaksanakan pada Sabtu (27/8/2022).

Adapun rangkaian acara dimulai dari registrasi undangan dan peserta, doa, laporan Ketua Panitia yakni Anak Agung Made Ari Suryawati dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi oleh Koordinator Program Studi Farmasi yakni Dr. Eka Indra Setyawan, S.Farm., M.SC., Apt., selanjutnya sambutan oleh Kepala Desa Tajen, serta penyerahan sertifikat dan plakat kepada pihak desa.

“Kegiatan Farmasi Peduli Kesehatan 2022 memiliki dua konsep acara, yaitu cek kesehatan gratis dan APOCIL (Apoteker Cilik). Kedua acara tersebut dilaksanakan di dua tempat yang berbeda dalam waktu yang bersamaan,” ucap Ari Suryawati, selaku ketua panitia.

Baca Juga :  Konjen Republik Rakyat Tiongkok Gandeng TCI Unud Berikan Pelatihan Bahasa Mandarin

Cek kesehatan mengambil tempat di Balai Desa Tajen, sedangkan Apocil dilaksanakan di SDN 2 Tajen.

Seusai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan gratis yang menargetkan usia lansia dengan total jumlah peserta sebanyak 46 orang. Pengecekan kesehatan dilakukan oleh para relawan yang meliputi GAK (Gula darah, Asam Urat, Kolesterol), Tekanan darah, serta Berat badan. Kemudian, peserta akan diberikan konseling oleh Apoteker mengenai interpretasi hasil pemeriksaan dan diberikan vitamin.

Tidak hanya itu dalam kegiatan ini kami memberikan kesempatan kepada peserta untuk lebih mengenal profesi apoteker melalui rangkaian kegiatan Apoteker Cilik (APOCIL) yang melibatkan anak-anak SDN 2 Tajen kelas 5 dan 6 yang berjumlah 48 orang. Rangkaian kegiatan APOCIL dimulai dengan MC performance, doa, kemudian pemaparan mengenai Profesi Apoteker oleh mahasiswa program studi apoteker I Kadek Suardiana dan Ni Kadek Sita Febriyanti.

Disela-sela penyuluhan, dilakukan games untuk memeriahkan suasana, kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan materi kedua yaitu PHBS, lalu dilakukan kuis untuk memastikan materi yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh siswa. Terakhir, dilakukan penyerahan sertifikat dan penutup. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini