Pompa Hidram
Dandim Badung Dampingi Danrem Wirasatya Resmikan 100 Titik Pompa Hidram. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dandim 1611/Badung, Kolonel Inf Dody Triyo Hadi, S.Sos., M.Si., mendampingi Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Chorul Anam, S.E, M.M., dalam rangka Peresmian 100 titik Pompa Hidram Program TNI AD Manunggal Air Bersih oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., secara Video Conference yang diikuti sekitar 150 orang di Balai Subak Ayunan Br. Badung Desa Ayunan Kec. Abiansemal Kab. Badung, Jumat (12/8/2022).

Dalam laporan Dandim 1611/Badung, Kolonel Inf Dody Triyo Hadi, S.Sos., M.Si., menyampaikan ucapan terimakasih kepada para tamu undangan yang telah hadir dalam acara ini.

Pompa Hidram Pertanian Desa Ayunan ini prosesnya cukup panjang dari awal tahap perencanaan yang harapannya masyarakat mendapat dukungan air melalui sistem pompa hidram pertanian melalui koordinasi dengan pihak pengairan/irigasi.

Pompa Hidram ini memiliki sistem kerja untuk mengangkat Air sungai ke atas dengan menggunakan tenaga kinetik air.

Baca Juga :  The Apurva Kempinski Bali dan Samsara Living Museum Hadirkan Pameran Lontar Kitab Sutasoma

Untuk proses pengerjaan di Maret sampai dengan Agustus 200 dengan waktu 5 bulan, dimana rencana awal dengan estimasi waktu 3 bulan. Hal ini secara teknis memang melewati waktu perencanaan karena dipengaruhi oleh faktor kondisi medan yang sangat curam sehingga memerlukan waktu yang cukup panjang.

Mekanisme kerja pompa hidram dari sumber air menuju Bak transit dan rumah pompa kemudian ditampung di Bak Primer selanjutnya dialiri ke lahan pertanian di Desa Ayunan Kec. Abiansemal Kab. Badung.

Sambutan Danrem 163/WSA, Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., menyampaikan yang intinya untuk mengatasi kesulitan masyarakat terutama kebutuhan akan pengairan untuk lahan pertanian, Kodam IX/Udy menggalakan pembangunan Pompa Hidram di wilayah NTT, NTB dan Bali sebanyak 227 titik serta akan membangun Pompa Hidram di 95 titik air bersih dan 10 titik untuk perairan di tahun 2022.

Khususnya untuk wilayah Prov. Bali dibangun yaitu salah satunya di Desa Ayunan Kec. Abiansemal Kab. Badung.

Pembangunan Pompa Hidram di Desa Ayunan diutamakan untuk pengairan sawah dimana anggota subak di Desa Ayunan mencapai 340 orang dan mengairi 122 Hektar Sawah. Pompa Hidram yang kita resmikan ini bekerja dengan energi kinetik dari air dan tanpa bahan bakar sehingga ramah lingkungan, semua berharap semoga Pompa Hidram ini memenuhi kebutuhan air masyarakat terutama untuk sektor pertanian.

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para personel serta masyarakat yang telah membantu pembangunan Pompa Hidram ini sehingga dapat berjalan aman dan lancar harapannya dirawat dan dijaga sehingga memiliki usia yang panjang.

Baca Juga :  Bank Indonesia Bali Buka Penukaran Uang Rupiah di Daerah Wisata Pantai Kuta Kabupaten Badung Bersama Bendesa Adat

Hadir dalam kegiatan peresmian Pompa Hidram Danrem 163/WSA, Kasrem 163/WSA beserta para Kasi Korem163/WSA, Dandim 1611/Badung, Kadis Pertanian Kab. Badung, Kajari Kab. Badung. Kasdim 1611/Badung beserta para Perwira dan anggota Kodim 1611/Badung, Camat Abiansemal di wakili Sekcam, Kapolsek Abiansemal, Perbekel Desa Ayunan beserta Perangkat Desa dan undangan yang hadir. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News