Ngaben Massal
Bupati Tamba Hadiri Ngaben Massal Desa Adat Asahduren. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menghadiri upacara Pitra Yadnya (Ngaben) Massal Desa Asahduren, Kecamatan Pekutatan, Jumat (19/8/2022). Upacara tersebut diikuti oleh 56 sawe yang melaksanakan Ngaben, Ngelungah sebanyak 33 sawe dan Nyekah sebanyak 71 sawe.

Hal tersebut disampaikan Bendesa Desa Adat Asahduren, I Kadek Suentra dalam laporannya. Lanjut, Ia mengatakan bahwa peserta tidaknya berasal dari wilayah Desa Asahduren, bahkan ada peserta dari luar Bali.

“Peserta berasal dari desa Asahduren, dan sebagian lagi dari luar desa, termasuk peserta yang berasal dari Sulawesi dan Kalimantan Timur,” ucap Suentra.

Sementara, Bupati Tamba dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan punia yang diterima Bendesa Desa Adat Asahduren I Kadek Suentra. Ia juga turut mendoakan agar pelaksanaan upacara tersebut dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Upacara Melaspas dan Pujawali di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Kesiman

“Saya punya program ngaben massal di setiap kecamatan, tetapi kalau bisa mandiri dipersilahkan. Program Pemerintah Kabupaten untuk pelaksanaan Ngaben massal juga tetap berjalan dengan anggaran 275 juta rupiah per kecamatan,” jelasnya.

Menyinggung tentang kebersihan tempat suci, Bupati Tamba mengaku telah menempat satu orang petugas kebersihan di masing-masing Pura Kahyangan Tiga. Ia pun mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan pura.

“Di setiap Kahyangan Tiga, saya menempatkan satu orang tenaga kebersihan. Saya harap kita bersama-sama menjaga kebersihan pura,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News