BADUNG
Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung menggelar Perayaan Tumpek Uye di Sentra Ternak Sapi Bali Desa Sobangan, Sabtu (27/8/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Untuk mempercepat penanganan PMK, disamping gencar melakukan vaksinasi menyasar seluruh ternak sapi yang ada, Satgas Penanganan PMK juga melaksanakan upaya niskala dengan menggelar perayaan Tumpek Uye sebagai wujud rasa syukur dan untuk memohon keselamatan dan perlindungan terhadap seluruh hewan ternak.

Kadis Pertanian dan Pangan Kab. Badung, I Wayan Wijana, mengungkapkan hal itu usai melaksanakan persembahyangan dan ritual keagamaan memperingati Tumpek Uye yang dipusatkan di Sentra Ternak Sapi Bali Desa Sobangan, Sabtu (27/8/2022) yang diikuti oleh Tim Vaksinator, dosen FKH Unud dan petugas Sentra Ternak Sapi Sobangan.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Buka Lomba Mancing Yowana Griya Dalem Sibanggede

Menurut Wijana, perayaan Tumpek Uye merupakan salah satu kearifan lokal Bali disamping sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan, sekaligus dimaknai sebagai bentuk perhatian dan penghormatan serta rasa kasih sayang manusia terhadap makhluk hidup atau hewan ternak. Dalam konteks kekinian di tengah merebaknya wabah PMK dan rabies di berbagai daerah, perayaan Tumpek Uye dapat lebih diimplementasikan dalam bentuk perhatian terhadap kesejahteraan dan kesehatan hewan melalui upaya pengobatan terhadap ternak sakit maupun pemberian vaksinasi.

Ditambahkannya, berkat kerja keras Satgas PMK dan adanya kesadaran dari masyarakat khususnya para peternak, saat ini tidak ada lagi penambahan kasus PMK hal ini tidak terlepas dari upaya vaksinasi yang gencar dilakukan sehingga kini cakupan vaksinasi PMK sudah mencapai 18.205 ekor untuk suntikan I dan 4.461 ekor suntikan II, mudah-mudahan dengan upaya ini lalu lintas ternak bisa  normal kembali, katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News