IVA Tes
Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan, Suciati Diar Pantau IVA Tes di Kecamatan Tembuku. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati, imbauan itulah yang selalu disampaikan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bangli, Ny. Suciati Diar saat memantau kegiatan gebyar IVA Tes di dua lokasi yaitu Puskesmas Tembuku 1 dan Puskesmas Tembuku 2 Desa Yangapi, Selasa (31/8/2022).

Didampingi Camat Tembuku, I Putu Sumardiana, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tembuku, Ny. Siswi Sumardiana dan Tim dari Dinas Kesehatan, disambut antusias oleh peserta test.

Ketua YKI Cabang Bangli, Ny. Suciati Diar saat itu menyampaikan pihaknya memang telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Bangli untuk mengadakan program deteksi dini mulut rahim atau IVA Tes (Inspeksi Visual Asam Asetat) ini guna melakukan pencegahan atau upaya prefentif untuk lebih dini mengenali tanda-tanda atau gejala kanker mulut rahim yaitu dengan cara Inspeksi Visual Asam Asetat supaya benar benar terdeteksi dan solusi terbaik untuk kesehatan masyarakat.

“Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Bangli Gelar Gerakan Pangan Murah

Lebih lanjut disampaikan Ny. Suciati dari pantauan yang dilaksanakan hari ini dengan sasaran Puskesmas Tembuku 1 sebanyak 25 orang peserta dan Puskesmas Tembuku 2 Desa Yang Api sebanyak 25 orang peserta.

“Astungkara hasil semuanya negatif artinya kondisi peserta baik, kendati jika ada nantinya yang peserta yang terdeteksi akan dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk pengobatan lebih lanjut,” tegas Suciati Diar.

Edukasi pun terus disampaikan Ny. Suciati Diar kepada masyarakat untuk sadar menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih, baik pola makan dan kebersihan lingkungan serta rajin olahraga.

Terkait untuk kelanjutan program ini, bersama jajarannya yakin, dengan penuh semangat dan sinergitas pihak terkait seperti Dinas kesehatan dan Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Bangli untuk berada di garis terdepan mengedukasi masyarakat, kedepannya program ini pasti bisa dilaksanakan secara berkelanjutan tentunya peran serta partisipasi masyarakat untuk lebih sadar dan meningkat guna melakukan pencegahan deteksi dini terkait kanker mulut rahim ini.

Tak lupa saat itu disampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak khususnya Puskesmas Tembuku 1 dan Puskesmas Tembuku 2 serta para peserta dan segenap pihak yang membantu memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini.

Baca Juga :  Bupati Bangli Pimpin Rapat Persiapan Groundbreaking Bangli Sport Center Tahap I

“Mari kita selalu waspada, jaga kesehatan, saling mengedukasi dan ingat lebih baik mencegah daripada mengobati,” ajaknya.

Sementara itu salah seorang peserta IVA Tes, Ni Nengah Sulasni menyampaikan apresiasinya dengan mengucapkan terimaka sihnya kepada Ketua YKI Cabang Bangli karna dengan adanya program IVA Tes ini dirinya bersama peserta dan masyarakat lain sangat terbantu dan diringankan untuk mengetahui lebih awal  akan kondisi yang sebenarnya pada diri masing-masing, apakah sehat atau terdeteksi kanker mulut rahim.

“syukur di kami tidak ada, dan program ini diharapkan terus berkelanjutan untuk mengantisipasi penyakit demi kesehatan masyarakat Bangli ke depan,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News