Festival Kreatif Lokal
Adira Finance dan Kemenparekraf RI Gelar Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) kembali menunjukkan komitmennya untuk turut mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan bersinergi dan berkolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk yang ketiga  kalinya.

Mengangkat tema ‘Desa Wisata Ramah Berkendara’, Festival Kreatif Lokal 2022 akan diadakan di 5 Desa Wisata di wilayah Jawa dan Bali, mulai Agustus hingga November 2022.

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal yang fokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia. Tahun ini merupakan tahun ke-3 Festival Kreatif Lokal diadakan yang ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mengatur tentang Kolaborasi Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan terlaksana hingga lima tahun ke depan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya menyambut baik kolaborasi antara Kemenparekraf RI dan Adira Finance dengan mengadakan kegiatan Festival Kreatif Lokal secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan adanya sinergi yang kuat antar kedua belah pihak, besar harapan bahwa ekosistem destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif dapat pulih dari dampak pandemi dan terus maju,” kata Sandiaga pada acara Press Conference Festival Kreatif Lokal 2022 yang digelar Jumat (12/8/2022) di Desa Wisata Undisan, Bangli,

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila, mengatakan Festival Kreatif Lokal merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar untuk membantu ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM.

Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Gelar Posko Angkutan Udara Idul Fitri 1445 H, Akan Layani Sebanyak 1.012.005 Penumpang
Festival Kreatif Lokal
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mengatur tentang Kolaborasi Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan terlaksana hingga lima tahun ke depan. Sumber Foto : tis/bpn

“Hal ini sejalan dengan visi Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan Adira Finance sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga untuk menyukseskan tujuan tersebut, maka kami memandang perlu untuk terus menjalin kerjasama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI,” jelas Dewa Made Susila.

Menjadi bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-32 Adira Finance yang jatuh pada 13 November mendatang, Festival Kreatif Lokal 2022 mendukung keberlanjutan pengembangan desa wisata yang merupakan bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)2021 menjadi Desa Wisata Ramah   Berkendara.

Mengusung tema tersebut, Adira Finance bersama Kemenparekraf RI mengadakan Festival Kreatif Lokal 2022 di 5 Desa Wisata di daerah Jawa dan   Bali yang sudah memiliki komponen-komponen pendukung seperti infrastruktur berkendara, dan sumber daya manusia serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

Desa Wisata ADWI 2021

  1. Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat
  2. Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  3. Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta
  4. Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  5. Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali

Rangkaian Kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi:

  1. Desa Wisata Kreatif, yaitu program pengembangan bagi UKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki selling value.  Kegiatan mencakup pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di bidang   pariwisata dan ekonomi kreatif di masing- masing dari kelima Desa Wisata.
  2. Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara adalah kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi yang bersifat digital.
  3. Festival Pasar Rakyat, sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah Desa Wisata menjadi ruang publik kreatif. Selain itu ada juga workshop yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan.
Baca Juga :  Promo untuk Konsumen Setia, Astra Motor Bali Siapkan Special Gift Honda BeAT Sporty

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.

Sejalan dengan tujuan Zurich ‘Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik Bersama-sama’, Zurich telah mendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal sejak tahun 2020.

Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara, menyampaikan  senang  dapat kembali  berkolaborasi dan  mendukung program ini untuk  mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang  pariwisata dan  ekonomi kreatif.

“Melalui produk kami menjamin pelanggan saat bepergian serta yang menjalankan UKM, saya yakin kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung konsumen Indonesia, dan melindungi perjalanan mereka, keluarga mereka, dan karyawan mereka,” ucap Edhi.

Baca Juga :  Jaga Laju Inflasi Jelang Idul Fitri 1445H, Wawali Arya Wibawa Tinjau Pasar Murah di Masjid Al Furqon

Informasi  terkait  rangkaian  kegiatan  Festival  Kreatif  Lokal  2022  dapat diakses  melalui  akun media  sosial  resmi  Adira Finance  @adirafinanceid,  Youtube  Adira Finance,  dan  dan  platform situs  Sahabat  Lokal   adira.id/e/fkl2022-pr,  dimana  para   Sahabat  Adira  Finance  juga  dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti kegiatan Jelajah Desa Wisata Ramah  Berkendara serta mengetahui  informasi  seputar budaya,  lokasi  populer,  kuliner,  serta berbagai  aktifitas  wisata dan  produk  unggulan  di berbagai  daerah di Indonesia,  yang  dikemas  dalam  artikel,  foto  dan video yang menarik.

Adira Finance Syariah juga turut mendukung program Moslem Friendly Tourism dari Kemenparekraf RI dengan berkontribusi pada pengembangan sarana dan prasarana rumah ibadah Muslim di 5 desa wisata dari ADWI 2022 yaitu: Desa Wisata Undisan, Bangli, Bali; Desa Wisata Kubah Basirih, Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Desa Wisata Kambo, Palopo, Sulawesi Selatan; Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara; dan Desa Wisata Hanjeli, Sukabumi, Jawa Barat.

“Saya mengajak Sahabat semua untuk ikut serta di ajang Festival Kreatif Lokal 2022, dan mari terus mendukung dan berkontribusi untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Sesuai dengan janji brand ‘Sahabat Setia Selamanya’, Adira Finance hadir bagi UMKM yang ingin berkembang dan semakin maju sehingga dapat bermanfaat bagi ekosistem sekitarnya dan perekonomian Indonesia,” tutup Dewa Made Susila dalam sambutannya.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News