ft unud
Workshop dan Pendampingan GA IABEE Program Studi Sarjana Teknik Sipil. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Fakultas Teknik Universitas Udayana telah menyelenggarakan Workshop Akreditasi Internasional IABEE Menuju General Accreditation, Jumat (22/7/2022) di Ruang Sidang FT Lantai 3 Gedung Dekanat FT Unud Bukit Jimbaran.

Workshop ini memiliki tujuan dalam memberikan informasi terkait penyempurnaan LED dan Ikthisar sekaligus pendampingan General Accreditation (GA) IABEE yang melibatkan Program Studi Sarjana Teknik Sipil.

Secara umum pengertian IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) merupakan organisasi independen nirlaba yang didirikan lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi di bidang teknik dan computing. Keberadan IABEE sudah diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai badan yang bertanggung jawab terhadap akreditasi program-program studi di bidang teknik tersebut.

Acara diawali dari Moderator Dr. Ir. Ngakan Ketut Acwin Dwijendra, ST., MA., IPU., ASEAN., Eng., kemudian dilanjutkan dari laporan Ketua UP3M Dr. Wayan Nata Septiadi, ST.,MT menyampaikan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Sipil sudah menyelesaikan LED maupun Ikthisar dengan menyesuaikan standar yang ditetapkan IABEE  yang telah diupload pada tanggal 8 Juli 2022 dan saat ini sedang menunggu hasil tanggapan tersebut.

Baca Juga :  Pererat Kerja Sama, FKH Unud Menerima Kunjungan BPTU-HPT Denpasar

Kemudian sambutan dari Dekan Fakultas Teknik Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D., sekaligus membuka acara workshop ini. Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Dekan Fakultas Teknik bahwasannya diadakan workshop ini sebagai sharing dan tambahan informasi yang jelas terkait penyusunan yang terkandung di dalam Ikthisar maupun LED.

“harapannya agar tidak ada hal yang rancu atau kesalahpahaman dalam laporan tersebut. Oleh sebab itu, Fakultas Teknik mengundang Dosen Teknik Sipil UNHAS Dr. Eng. Ir. Rita Irmawaty, ST.,MT selaku Narasumber dan Pendamping GA IABEE untuk Program Studi Sarjana Teknik Sipil,”ucapnya.

Baca Juga :  I Dewa Nyoman Usadha Raih Raih Gelar Doktor pada Program Studi Manajemen FEB Unud

Beberapa materi yang disampaikan dalam workshop ini diantaranya Profil Profesional Mandiri (PPM), Capaian Pembelajaran (CP), Kurikulum, Pengukuran CP, Continous Improvement dan terakhir pembahasan LED dan Ikthisar yang sudah dibuat oleh Teknik Sipil Universitas Udayana. Selagi menunggu hasil tanggapan tahap pertama, ada beberapa tambahan yang perlu mengimplementasi P-D-C-A (Plan, Do, Check, Act ) di bagian LED, begitu pula penyampaian informasi kepada mahasiswa-dosen dan masyarakat terkait PPM dengan menerapkan P-D-C-A tersebut, dan bukti dokumen, serta Kurikulum terkait Asesmen Capaian Pembelajaran Mata Kuliah.

Menurut pengalaman yang sudah dilakukan dari UNHAS bahwa hal di atas merupakan penilian yang kompleks, dalam artian dalam menilai ketercapaian mahasiswa bukan berdasarkan nilainya saja. Namun hasil ketercapaian adalah para mahasiswa ini tentunya memiliki ilmu dan memahami yang didapat di bangku kuliah, agar nantinya bisa bekerja lebih baik di dunia kerja.

Melalui  kegiatan ini diharapkan mampu menyamakan persepsi dan mendapatkan arahan serta pemahaman terkait General Accreditation. Dengan mengikuti akreditasi IABEE diharapkan daya saing lulusan menjadi lebih baik secara nasional maupun internasional. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini