Jaya Negara
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Kegiatan Seni Adhimukti Upangga Brahmacarya, ST. Brahmacarya, Banjar Puseh Kangin, Intaran, Sanur dengan Menarikan Punggelan Barong di Halaman Kantor Yayasan Pembangunan Sanur, Sabtu (16/7/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Kegiatan Seni Adhimukti Upangga Brahmacarya, ST. Brahmacarya, Banjar Puseh Kangin, Intaran, Sanur dengan Menarikan Punggelan Barong di Halaman Kantor Yayasan Pembangunan Sanur, Sabtu (16/7/2022). Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari dengan menghadirkan Lomba Bapang Barong, Mekendang Tunggal dan Baleganjur ini juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Bali, A.A Gede Agung Suyoga dan Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira.

Tampak hadir pula Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, I.B Gede Sidarta Putra, Bendesa Adat Intaran, I Gusti Agung Alit Kencana, Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara, Camat Denpasar Selatan, Made Sumarsana serta undangan dan tokoh seni Banjar Puseh Kangin. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemotongan Tumpeng HUT ke-46 ST. Brahmacarya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Jalan Sehat Serangkaian Pedungan Village Festival Tahun 2024

Ketua ST. Brahmacarya, I Kadek Diki Pranata didampingi Ketua Panitia, Putra Bagaswara mengatakan Lomba Bapang Barong, Mekendang Tunggal dan Baleganjur se-Bali yang dikemas dalam Kegiatan Seni Adhi Mukti Upangga mengambil Tema ‘Bayu Dharmaning Kahuripan. Dimana tema tersebut mengambil makna kekuatan pengetahuan yang adi luhung.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan HUT ke-46 ST. Brahmacarya, Banjar Puseh Kangin. Dimana, melalui kegiatan Adhi Mukti Upangga ini diharapkan mampu memberikan wadah kepada seniman muda Bali untuk tetap berkarya. Adapun kegiatan ini diikuti oleh 21 pasang peserta Lomba Bapang Barong dan Mekendang Tunggal dengan sistem Tarung Bebas dan sebanyak 9 peserta Lomba Baleganjur.

Baca Juga :  Serangkaian HKG Ke-52 PKK Tingkat Provinsi Bali, TP PKK Kota Denpasar Berpatisipasi Lomba Tari Pendet dan Bernyanyi

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan kegiatan Adhimukti Upangga Brahmacarya ini, semoga dapat memberikan inspirasi dan wadah kreatifitas bagi anak muda Denpasar,” jelasnya.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menjelaskan, seni dan budaya menjadi kerangka dasar pembangunan di Kota Denpasar. Karenanya, Pemkot Denpasar memberikan dukungan penuh kegiatan seni budaya yang dilaksanakan sekeha teruna, komunitas, paguyuban dan sanggar seni di Kota Denpasar.

“Dari kegiatan Adhimukti Upangga Brahmacarya ini senantiasa mampu menggalang persatuan dan persaudaraan dikalangan anak muda sebagai perwujudan spirit Vasudhaiva Khutumbakam,” ujarnya.

Dikatakan Jaya Negara, melihat banyaknya kegiatan seperti ini di Kota Denpasar, tentu ini merupakan gayung bersambut. Sehingga tugas pemerintah adalah memberikan ruang, waktu dan anggaran sehingga pelaksanaannya berkesinambungan. Dari kegiatan ini juga diharapkan lahir seniman muda yang menjadi pengawal seni budaya Bali kedepannya.

“Atas nama Pemerintah Kota Denpasar kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan ini, karena kegiatan pelestarian seni tradisional merupakan jalan untuk menyiapkan anak muda sebagai pewaris masa depan seni budaya di Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News