Masjid Agung Jami’ Singaraja
Pelaksanaan festival Kirab Hewan Qurban 2022 Masjid Agung Jami’ Singaraja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Menjelang perayaan Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh tepat pada Sabtu (9/7/2022) umat muslim di Masjid Agung Jami’ Singaraja melakukan kegiatan yang terbilang unik yakni Kirab Hewan Qurban.

Acara yang berlangsung pertama kali itu dilaksanakan pada Jumat (8/7/2022) dengan harapan bisa menggugah warga atau umat untuk gemar berqurban.

Dalam pelaksanaan Kirab Hewan Qurban 2022 mengambil rute dari Masjid Agung Jami’ Singaraja menuju Jalan Nangka – Jalan Hasanuddin – Jalan Jambu – Jalan Sawo – Jalan Diponegoro – Jalan Erlangga, Jalan Imam Bonjol dan berakhir di Masjid Agung Jami’ Singaraja.

Menurut Sekjen BKM Masjid Agung Jami’ Singaraja, M. Rezza Yunus menyampaikan bahwa peserta kirab diikuti anak-anak Masjid Agung Jami’ Singaraja, dengan mengirab sebanyak tujuh hewan qurban berupa kambing. Memlaui Kirab Hewan Qurban 2022 selain untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Muslim Kampung Kajanan, juga untuk memberikan sesuatu yang bisa dikenang oleh masyarakat.

Baca Juga :  Turunkan Angka Stunting untuk Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

“Biasanya hiburan itu kami berikan saat pemotongan hewan sapi di areal masjid. Tapi tahun ini pemotongan sapi dilakukan di RPH (Rumah Potong Hewan) Pemaron. Karena itu kami ingin membuat sesuatu yang bisa dikenang oleh masyarakat, ya kami gelar kirab ini,” ujar Rezza.

Rezza menambahkan bahwa tujuh hewan qurban yang diarak keliling itu merupakan sebagian dari 15 ekor kambing yang akan dijadikan qurban di masjid bersejarah ini. Ketujuh kambing itu dihias dan diisi dengan narasi yang berkaitan dengan perayaan Idul Adha 1443 hijriah.

Baca Juga :  Diparkir di Halaman Rumah, Nmax Raib Digondol Maling

“Ini hanya sebagian dipakai qirab dan dirias dengan narasi terkait Idul Adha serta berisi juga ajakan kepada masyarakat untuk berqurban di tahun-tahun mendatang,” imbuh Rezza.

Sementara Ketua BKM Masjid Agung Jami’ Singaraja, H. Hidayat Achdar mengatakan, Idul Adha merupakan momen bahagia. Maka dari itu pihaknya berharap kepada Allah agar mudah-mudahan festival qirap hewan qurban bisa menjadi wadah untuk membahagiakan semua pihak.

Disamping itu pria yang akrab disapa Bang Dayat itu berharap ke depannya Kirab Hewan Qurban bisa dibuat lebih bagus dan lebih menarik.

Baca Juga :  Modus Pinjam Korek, Fajar Mencuri Untuk Modal Slot dan Beli Narkoba

“Nantinya Kirab Hewan Qurban ini bisa menjadi even pariwisata dan Ini akan dijadikan even rutin,” jelasnya.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News