Jembrana
Rayakan Hut Ke-127, Jembrana Gelar ‘Negaroa Bahagia Wisata Rally 2022'. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Dalam rangka membangkitkan kembali kegiatan olahraga bermotor (otomotif) di Bali setelah sempat Vakum akibat pandemi Covid-19, Kabupaten Jembrana mendapat kepercayaan dan ditunjuk oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wisata Rally Putaran 2 dan Fun Rally. Event ini akan dilangsungkan pada tanggal 13-14 Agustus 2022 bertajuk ‘Negaroa Bahagia Wisata Rally’. ‘Negaroa Bahagia Wisata Rally’ yang digarap Klub Starsorb Motorsport bersama IMI Bali Korwil Jembrana dan Bali MX ini, merupakan rangkaian Seri Kejurnas Wisata Rally di tahun 2022 yang sesuai kalender IMI Pusat akan berlangsung sebanyak 5 Putaran. Sebelumnya pada tgl 25-26 Juni lalu telah berlangsung Kejurnas putaran I di Makasar, Sulawesi Selatan.

Selanjutnya putaran II di Negara, Jembrana 13-14 Agustus, kemudian putaran 3 akan berangsung di  Balikpapan, Kalimantan Timur pada tanggal 17-18 September 2022, putaran 4 di D.I. Yogyakarta pada tanggal 8-9 Oktober 2022 dan putaran 5 sebagai seri penutup di Surabaya, Jawa Timur. Kejuaraan Wisata Rally yang mengutamakan penghitungan ketepatan jarak dan waktu ini akan melombakan beberapa kategori kejuaraan dengan total hadiah tunai sebesar Rp65.000.000, diantaranya : Kategori Kejuaraan Umum (overall) nasional, Kategori Seeded B Nasional, Kategori Wanita, Kategori Non Seeded/Pemula Nasional, Kategori Non Seeded/Pemula Lokal Bali, dan Kategori Team Club.

Baca Juga :  Capaian Vaksinasi Rendah, Bupati Tamba Kumpulan Pemilik Perahu di Desa Pengambengan

Adapun rute Rally nantinya akan melintasi jalan umum dan obyek wisata yang sepenuhnya berada di Kabupaten Jembrana. Selain itu yang menarik adalah penyelenggara juga secara khusus mengadakan Fun Rally Negaroa Bahagia, akan berlangsung satu hari saja pada hari Minggu, 14 Agustus 2022 yang bisa diikuti oleh masyarakat umum seperti pelajar, mahasiswa, generasi milenial sembari jalan-jalan berwisata bersama teman dan Keluarga di hari minggu.

Ketua Panitia ‘Negaroa Bahagia Wisata Rally’, I Gede Ngurah Patriana Krisna yang juga Wakil Bupati Jembrana, Jumat (15/7/2022) mengatakan, event ini adalah untuk menjawab kerinduan para penggemar wisata rally di Bali pada khususnya dan secara nasional pada umumnya. Pria yang akrab dipanggil Ipat ini menyatakan Bali pernah menjadi ikon kegiatan olah raga wisata rally pada sekitar tahun 2000-an, dimana sebagai daerah wisata Bali sering menggelar event wisata rally dan sering pula melahirkan juara-juara nasional Ketika itu.

Baca Juga :  Kemen PPPA Salurkan Bantuan Bagi Anak Yatim/Piatu Terdampak Covid-19 di Jembrana

“Saya bersama istri juga cukup aktif mengikuti event-event wisata rally dan pernah beberapa kali meraih podium juara” kenang Ipat yang mengharapkan rekan-rekannya sesama pereli wisata di Bali baik senior maupun pemula, nantinya bisa berpartisipasi memanfaatkan momen ini untuk ‘reuni’ di Kota Negaroa,” kata Wabup Ipat.

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, menyatakan sangat mendukung Kegiatan ‘Negaroa Bahagia Wisata Rally’ ini. Event ini sekaligus merupakan rangkaian dari kegiatan HUT Kota Negara ke-127 dan juga HUT Kemerdekaan RI ke-77. Bupati Nengah Tamba pada kesempatan ini juga menegaskan bahwa dirinya sangat mendukung hadirnya kegiatan-kegiatan otomotif di Kabupaten Jembrana.

“Kita ketahui bahwa kegiatan otomotif ini cukup besar penggemarnya di Bali khususnya di jembrana, bahkan Jembrana selama ini merupakan lumbung atlet-atlet otomotif berprestasi di daerah Bali. sehingga wajar Jembrana sering dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai kegiatan otomotif seperti road race, drag race, grasstrack, motocross, off road mobil maupun motor, wisata rally dan lain-lain” ungkapnya seraya memastikan bahwa dirinya bersama keluarga akan ikut di kategori Fun Rally secara penuh dari start hingga finish yang berlokasi di Angkringan Negaroa Bahagia di Desa Kaliakah, Negara.

Disisi lain, ketua IMI Kabupaten Jembrana, I Kade Joni Asmara Adi Putra mengaku berterimakasih atas dukungan dari pimpinan daerah Jembrana atas support dan perhatian akan perkembangan olahraga otomotif di Bumi Mekepung.

“Event ini sekaligus makin menguatkan potensi Jembrana sebagai tempat wisata otomotif. Kami harapkan dapat mendukung ekonomi lokal nanti, karena peserta yang hadir tidak hanya dari lokal Bali, tapi juga luar daerah,” tandasnya.

Pendaftaran ‘Negaroa Bahagia Wisata Rally’ akan dibuka mulai tanggal 15 Juli-10 Agustus 2022 nanti. Bagi peserta yang akan mendaftar, bisa menghubungi Korwil IMI Jembrana untuk mendapatkan detail informasi pendaftaran.(ang/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini