Bali Kite Festival 2022
Ratusan Layang-Layang Hiasi Langit Sanur Pada Pembukaan 'Bali Kite Festival 2022'. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Hari pertama penyelenggaran Bali Kite Festival ke-44 pada Sabtu (16/7/2022) berjalan lancar. Bali Kite Festival merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Persatuan Layang-Layang Indonesia Provinsi Bali (Pelangi Bali).

Bali Kite Festival ke-44 tahun 2022 yang diselenggarakan di Pantai Padanggalak, Kesiman, Denpasar Timur, diramaikan sekitar 800 buah layangan tradisional Bali terdiri dari berbagai jenis, seperti Bebean, Janggan, Pecukan dan Janggan Buntut yang datang dari seluruh Bali. Ada pula jenis layangan dengan ukuran besar atau layangan big size dengan bentang sayap dari 5-11 meter.

Ditemui disela-sela kegiatan pembukaan festival, Ketua II Pelangi Bali, Kadek Dwi Armika, menyampaikan, Bali Kite Festival baru bisa diadakan kembali setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19 sekaligus mengikuti arahan Gubernur Bali agar tidak menciptakan kerumunan dan keramaian.

Dirinya juga mengapresiasi seluruh peserta lomba layang-layang yang sudah mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku. Lomba ini juga sekaligus pelepas dahaga dan mengobati kerinduan para pelayang yang sudah lama tidak mengikuti lomba layang-layang di seluruh Bali.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gelar Pasar Murah, Jaga Stabilitas Inflasi Jelang Idul Fitri

“Dua tahun kami tidak mengadakan lomba. Lomba ini terasa pelepas dahaga dan mengobati kerinduan bagi seluruh rare angon di Bali,” kata Dwi Armika.

Dwi Armika juga sempat mengatakan, bahwa Bali Kite Festival ke-44 tahun 2022 rencananya akan dibuka Gubernur Bali, Wayan Koster pada Minggu (17/7/2022) pada pukul 10.00 WITA mendatang.

“Sesuai rencana kami berharap Gubernur Bali Wayan Koster dapat hadir membuka Bali Kite Festival,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, dengan mengambil tema ‘Rahayu Baliku’, Bali Kite Festival ke-44 tahun 2022 memperebutkan piala bergilir Gubernur Bali dengan total hadiah puluhan juta. Ini merupakan kebanggaan sendiri apabila berhasil membawa pulang piala bergilir Gubernur Bali.

Baca Juga :  Pertina Bali Maksimalkan Persiapan Menuju PON ke-21 dengan Latihan di Uzbekistan

Saat ditanya lokasi lahan saat ini yang digunakan sebagai tempat lomba layang-layang, Dwi Armika mengatakan bahwa lokasi ini kedepannya akan digunakan sebagai akses keluar dari dermaga pelabuhan Sanur.

“Lokasi ini akan digunakan sebagai akses keluar dari dermaga pelabuhan Sanur. Kami akan mohon lahan di Pusat Kebudayaan Bali Klungkung agar kedepannya dapat terus menyelenggarakan lomba layang-layang karena ini adalah upaya kami melestarikan tradisi di Bali,” pungkasnya.

Ditambahkannya, untuk luas lahan yang ideal untuk mengadakan lomba dan menaikkan layang-layang sekitar 8-10 hektar. Lokasi saat ini di Pantai Padanggalak adalah yang paling cocok dan tepat, karena hembusan angin Australia sangat kencang tidak terhalang pulau Nusa Penida.

Baca Juga :  Gelar Apel Kesiapsiagaan, Dinsos P3A Bali Peringati HUT Ke-20 Tagana dan Pengukuhan Forum Komunikasi Tagana Provinsi Bali Periode 2024-2029

Melalui penyelenggaraan Bali Kite Festival secara berkesinambungan, Pemerintah diharapkan dapat memikirkan solusi kedepan terkait lahan penyelenggaraan lomba layang-layang agar tradisi budaya Bali ini tidak punah karena sesuai dengan Visi-Misi Pemerintah Provinsi Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News