KONI Buleleng
Rapat koordinasi berkaitan dengan teknis pengamanan lomba gerak jalan HUT RI ke-77 bertempat di Ruang Rapat KONI Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM BULELENG – Panitia lomba gerak jalan serangkaian Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-77 terus mematangkan persiapan. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buleleng bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Polres Buleleng, Kodim 1609/Buleleng dan Satpol PP Buleleng membahas lebih rinci soal teknis pengamanan dalam rapat koordinasi bertempat di Ruang Rapat KONI Buleleng, Kamis (21/7/2022).

Dalam rapat koordinasi yang dibuka Ketua Umum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja itu, masing-masing instansi yang dilibatkan dalam pengamanan lomba diberikan waktu untuk memaparkan rencananya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan jika akan menyiapkan 35 personil untuk mengawal pengamanan lalu lintas selama pelaksanaan lomba. Bahkan Dishub Buleleng mengaku sudah lakukan pemetaan zona dan persimpangan jalan untuk penempatan personil. Termasuk potensi kepadatan hingga kemacetan lalu lintas yang akan terjadi selama perlombaan.

“Kami sudah petakan potensi rawan kemacetan di beberapa lokasi yang menjadi rute gerak jalan. Rencananya selain mengalihkan arus lalu lintas, kami juga menghimbau kendaraan material untuk beristirahat sejenak di terminal saat jam-jam tertentu untuk mengurai kemacetan,” ucap Gunawan.

Baca Juga :  Apresiasi Hasil Inovasi di Buleleng, Balitbang Inovda Akan Gelar Lomba Kreasi Inovasi Daerah Tahun 2024

Apa yang dipaparkan itu menurut Gunawan bisa menjadi salah satu solusi menghindari kemacetan. Sebab di sejumlah jalur yang dipakai rute lomba gerak jalan, masuk dalam akses jalan padat lalu lintas. Seperti jalur pantai utara Buleleng yang setiap harinya dilalui 130 truk material. Selain pengamanan arus lalu lintas, Dishub juga mendukung KONI penyediaan penerangan jalan di setiap jalur yang akan dipakai rute.

Kemudian, Paur Binops Polres Buleleng Iptu Putu Marayasa juga sudah menyiapkan personil untuk mendukung pelaksanaan lomba gerak jalan. Dimana personil akan ditempatkan di sejumlah simpang dan traffic light yang dilintasi.

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Pemkab Buleleng Akan Gelar Gerakan Pangan Murah Sampai 9 April

Sementara Dandim 1609/Buleleng Letkof Arh Tamaji yang hadir langsung dalam rapat koordinasi menekankan kepada panitia penyelenggara agar mengedepankan sportivitas. Sehingga peserta lomba yang sudah berlatih keras benar-benar dihargai usahanya.

“Pesan saya untuk mengapresiasi adik-adik kita yang ikut serta dan sudah berlatih pagi, siang, malam, panitia harus menjunjung sportivitas, tidak memihak. Dan kami siap membantu, kalau kurang personil pengamanan anggota babinsa kami siap back up di daerah yang dilintasi. Intinya kolaborasi dan sinergitas agar dilakukan dengan matang,” tegas Letkol Arh Tamaji.

Baca Juga :  Identitas Pemeran Video Sejoli Pelajar Asal Buleleng Dikantongi, Ada Empat Video

Disisi lain hingga Kamis (21/7/2022) jumlah total peserta gerak jalan yang mendaftar ada sekitar 78 regu dengan rincian 8 regu di kategori gerak jalan dewasa putra 45 kilometer, 4 regu masing-masing di kategori gerak jalan dewasa putri 17 kilometer dan SMP 8 kilometer, 59 regu kategori SD 8 kilometer dan 3 regu kategori gerak jalan kocak.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News