Fkh unud
Jelang Hari Raya Idul Adha, FKH Unud Berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kodya Denpasar. Sumber foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Hari raya Idul Adha yang jatuh pada Minggu (10/07/2022) menggerakkan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) untuk turut serta dalam Kegiatan Pemeriksaan Ante Mortem Post Mortem (AMPM) Qurban yang diselenggarakan pada Sabtu (09/07/2022).

Guna memberikan pemahaman terkait cara pemeriksaan AMPM, pada Sabtu (02/07) lalu, FKH Unud mengadakan Kegiatan Pembekalan di Ruang Sidang FKH Unud Kampus Sudirman yang dihadiri oleh Dinas Pertanian Kodya Denpasar, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FKH Unud, dan seluruh Dosen Kesehatan Masyarakat Veteriner (KMV) FKH Unud.

” Kami sudah mendata tempat atau jumlah masjid yang melakukan penyembelihan. Namun, kami kekurangan orang untuk menghandle ataupun mengawasi penyembelihan. Jadi, terima kasih untuk adik-adik FKH yang sudah mau membantu,” ungkap Drh. Ida Ayu Made Sri Martini selaku perwakilan Dinas Pertanian Kodya Denpasar saat memberikan sambutan.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FKH Unud, yaitu Dr. Drh. I Wayan Sudira M.Si.

Baca Juga :  Sambut New Normal, AHASS Bali Tawarkan Paket Servis Hemat

” Fakultas sangat welcome dengan adanya kerja sama bersama dinas. Nantinya, para mahasiswa juga akan dibekali ilmu oleh para dosen KMV,” ungkap Dr. Drh. I Wayan Sudira M.Si memberikan sambutannya. Kegiatan ini bertempat di Ruang Sidang FKH Unud Kampus Sudirman.

Kegiatan yang bertujuan untuk membantu umat muslim dalam memeriksa kualitas kesehatan daging di tengah maraknya wabah PMK inipun menghadirkan langsung Dr. Drh. Ida Bagus Swacita, M.Si selaku Dosen KMV FKH Unud dan Drh.Ida Ayu Made Sri Martini selaku perwakilan Dinas Pertanian Kodya Denpasar untuk memberikan pembekalan materi yang diperlukan untuk hari-H kegiatan.

Baca Juga :  Fakultas Teknik Unud Bangga! KSR Team Juara Pada Nec Futurest 2022

” Kegiatan pembekalannya maju dari tanggal awal, tetapi ilmu yang kita dapatkan sangat worth it dan akan berguna, baik untuk kegiatan hari-H maupun kedepannya,” ungkap Ramadhan selaku peserta yang mengikuti pembekalan secara luring.

Namun, sedikitnya partisipasi yang dapat hadir di tengah liburan semester ini membuat pihak fakultas berinisiatif untuk membuat pembekalan secara daring guna memperkuat ilmu yang akan berguna saat hari-H kegiatan berlangsung.

“Karena yang ikut pembekalan sedikit, mau direncanakan pembekalan daring dan pembagian kelompok sesuai daerah penyembelihan,” ungkap I Dewa Putu Bagus Mertha Anom selaku peserta yang juga hadir secara luring.

Baca Juga :  Polisi Amankan Puluhan Botol Arak

Setelah mengkonfirmasi kepada Dosen KMV FKH Unud. Memang benar, akan diadakan pembekalan secara daring pada Selasa (05/07). Drh. I Made Sukada M.Si Salah seorang Dosen KMV pun berharap agar mahasiswa memanfaatkan Kegiatan pembekalan daring ini untuk bertanya hal-hal yang belum dimengerti.

“Berharap kegiatan ini menjadi wahana belajar para mahasiswa untuk mengenali penyakit pada hewan qurban, terutama zoonosis. Semoga kerjasama dengan dinas pertanian juga bisa berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” tutup Dr. Drh. I Wayan Sudira M.Si ketika ditanyai mengenai harapan untuk kegiatan ini kedepannya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini