Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Badun
Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Badung, Ni Wayan Kristiani menjadi salah satu team perumus rekomendasi saat Rakor Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka melaksanakan tugas sebagai Pusat Jaringan Nasional, yaitu Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan koordinasi nasional dengan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022 dengan tema ‘Penguatan Lembaga Kearsipan dalam SPBE melalui Implementasi SIKN dan JIKN’ pada 29 Juni s.d. 1 Juli 2022.

Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN yang diselenggarakan di Novotel Jakarta Mangga Dua Square ini dihadiri oleh sekitar 301 peserta yang merupakan anggota Simpul Jaringan dari seluruh Indonesia dan berasal dari berbagai Lembaga Kearsipan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kementerian/Lembaga Pusat, Perguruan Tinggi Negeri, dan BUMN. Pada kesempatan tersebut Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung masuk dalam Pemilihan 20 (dua puluh) Simpul Jaringan Pilot Projek 2022 (SJPP) serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani terpilih menjadi salah satu team perumus rekomendasi.

Baca Juga :  I Gusti Putu Wira Warga Br. Muding Kelod di Diksa Menjadi Sulinggih

Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan penghargaan atas komitmen para peserta yang dapat hadir.

“ANRI berusaha semaksimal mungkin mengajak Bapak dan Ibu untuk menjadi anggota simpul jaringan dan meningkatkan konten dari jaringan tersebut. SIKN dan JIKN diharapkan menjamin pemberian informasi kepada yang berhak dan menjamin ketersediaan arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa. Apabila seluruh entitas yang berpotensi menjadi simpul jaringan, maka terkumpul Memori Kolektif Bangsa secara lengkap,” tambah Kepala ANRI.

Dalam rangkaian acara rakor pada hari pertama dilakukan penayangan Video Arsip Kepresidenan Bung Karno, serta dilakukan pula Peluncuran (Launching) Transformasi Digital Kearsipan, Aplikasi SPBE ANRI, yang diresmikan oleh Kepala ANRI, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB), dan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPSK) ANRI.

Sementara itu Kepala Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Ni Wayan Kristiani usai kegiatan mengatakan tujuan dari rakor ini adalah untuk percepatan/peningkatan jumlah dan kualitas informasi kearsipan yang diunggah dan dapat dimanfaatkan dalam SIKN-JIKN, peningkatan kapasitas dan kapabilitas simpul jaringan SIKN-JIKN. Dimana output kegiatan ini adalah minimal 12.000 unggahan informasi, kearsipan yang autentik dari simpul jaringan pada tahun anggaran 2022, pengunggahan dilakukan oleh 20 simpul jaringan yang terpilih menjadi SJ-pilot projek 2022. Selanjutnya arsip statis yang diunggah dalam sistem informasi kearsipan simpul jaringan pilot projek 2022 dapat di akses pada laman http://sikn.badungkab.go.id/.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini