Gubernur Koster Raih Penghargaan Pembina Koperasi Terbaik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster terus meraih prestasi yang membanggakan dengan berhasil membawa Pemerintah Provinsi Bali yang mendapat penghargaan dari Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN). Dalam HUT ke-75 Koperasi yang dilaksanakan di Prime Plaza Sanur, Kamis (Wraspati Umanis, Pahang) 14 Juli 2022 dengan mengusung tema ‘Percepatan dan Perkuatan Kedaulatan Pangan Serta Energi Terbarukan Melalui Peran Koperasi dan Kelompok Perempuan’, Gubernur Bali, Wayan Koster berhasil meraih penghargaan sebagai pembina koperasi terbaik se-Indonesia bersama dengan tiga Gubernur lainnya yaitu Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sulawesi Tenggara dan Gubernur Kalimantan Utara.

Baca Juga :  Lakukan Tanam Cabai Serentak, Ketua TP PKK Kota Denpasar Dukung Penurunan Inflasi di Kota Denpasar

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN), Sri Untari Bisowarno menyerahkan langsung penghargaan kepada Gubernur Bali yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Wayan Ekadina atas kontribusi Gubernur Bali yang dinilai berhasil membina koperasi Bali menjadi koperasi yang unggul, mandiri dan berdaya saing khususnya dalam hal pembinaan koperasi guna percepatan dan perkuatan kedaulatan pangan serta energi terbarukan.

“Tema HUT Koperasi sangat aktual mengingat persoalan pangan dan energi menjadi persoalan yang sangat serius dewasa ini. Ini menunjukkan Koperasi turut hadir memperkuat ketahanan pangan serta mendukung energi terbarukan,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam sambutannya seraya menyampaikan juga upaya Pemerintah Provinsi Bali dalam membina Koperasi Bali menjadi koperasi yang unggul, mandiri dan berdaya saing.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam sambutan virtualnya menyampaikan bahwa fokus pemberdayaan koperasi saat ini menyasar sektor riil terutama pada sektor pangan. Pemerintah Republik Indonesia saat ini fokus mendukung pengembangan koperasi tani dan nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan termasuk mendukung penelitian pangan berbasis keunggulan komoditas lokal. Selain itu ia juga berharap koperasi dapat terus berinovasi tanpa meninggalkan asas kekeluargaan, kebersamaan dan gotong-royong.

Baca Juga :  Posyandu Paripurna Berlangsung di Banjar Mertha Buana, Berikan Pelayanan Kesehatan Dasar Hingga Pemenuhan Gizi Cegah Stunting

Bersamaan dengan perayaan HUT Koperasi Indonesia tersebut, Dewan Koperasi Indonesia juga meluncurkan aplikasi terbaru mereka yaitu Coop-Pay yang merupakan aplikasi pembayaran dan pembelian berbagai layanan Biller secara elektronik dengan menggunakan uang elektronik Speedcash. Inovasi dari DEKOPIN ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi di seluruh koperasi di Indonesia.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News