Transformasi Digital Mindset
Bank Indonesia Dorong Perekonomian Menuju Transformasi Digital Mindset. Sumber Foto : Bank Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali berkolaborasi dengan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menyelenggarakan web seminar talkshow bertajuk ‘Mendorong Digital Mindset Dalam Mendukung Ekonomi dan Keuangan Digital’, Jumat (1/7/2022).

Tema tersebut diangkat dengan latar belakang bahwa mindset atau pola pikir merupakan salah satu elemen penting dalam mendorong transformasi digital. Melalui digital mindset, manusia akan memiliki kesadaran guna memanfaatkan peralatan maupun teknologi digital dengan bertanggung jawab, yang pada akhirnya dapat mendorong implementasi digrtal di berbagai sektor, salah satunya penggunaan alat pembayaran digital berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Webinar dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho bersama Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho, dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Bali tidak hanya inovasi digital yang terus berkembang, namun kesadaran masyarakat untuk lebih memanfaatkan inovasi digital sebagai penggerak ekonomi juga meningkat. Hal tersebut salah satunya dapat ditunjukkan dengan sangat cepatnya progres perkembangan ORIS di Bali selama 3 tahun terakhir ini, hingga masuk ke dalam peringkat 5 besar nasional dengan jumlah pengguna QRIS terbanyak dan peringkat 8 besar nasional dengan jumlah merchant yang memiliki QRIS terbanyak.

Baca Juga :  Mudik Asik dengan Kendaraan Listrik Gak Usah Kawatir, Tersedia 76 SPKLU Tersebar di 30 Lokasi

“Per awal Juni 2022, 372ribu pengguna dan lebih dari 471nbu merchant di Bali telah merasakan manfaat menggunakan QRIS, dan pada akhir Mer 2022, tercatat transaksi bulanan sebanyak 1,3 juta transaksi dengan nominal mencapai Rp133,7 Miliar,” kata Trisno Nugroho.

Sementara itu, Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia karena telah banyak membantu untuk meningkatkan pemahaman terutama di bidang ekonomi, khususnya melalui pemanfaatan sistem pembayaran berbasis digital yang sangat banyak manfaatnya, terutama dalam hal kemudahan dan efisiensi.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagiaan di Bulan Suci Ramadhan, ACC Gelar Program CSR ”Tumbuh-kan Kebaikan” di Bali

Webinar tersebut menghadirkan narasumber yang berasal dari akademisi dan praktisi di bidangnya antara lain Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Manajemen Intem Bank Indonesia, Agus Sistyo Widjajati, Dosen UHN IGB Sugriwa Denpasar, Dr. I Nyoman Bontot S.TP., M Fil.h., Dosen FEB Univ. Mahasaraswati Denpasar, I Wayan Widnyana, SE, M, OIA dan Asisten Vice President Area Transaction & Funding Bank Mandin, Ida Ayu Kade Apnami Kuliaseni.

Kegiatan webinar dimaksud mendapatkan respons yang sangat positif dimana dihadiri oleh sekitar 1.000 peserta yang didominasi oleh kalangan mahasiswa/i dan dosen dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Baca Juga :  PLN Siagakan 2.700 Posko untuk Amankan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

Di sela acara webinar, Bank Indonesia juga mengadakan undian hadiah scan transaksi QRIS Rp1 untuk mendorong user experience dan pemanfaatan ORIS dalam bertransaksi sehari-hari. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News