SMAN 3 Denpasar
Prosesi Upakara Mawinten dalam rangkaian kegiatan MPLS 2022/2023 di SMAN 3 Denpasar. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2022/2023 di SMA Negeri 3 Denpasar berlangsung secara tertib, lancar, dan tetap mengusung konsep Merdeka Belajar. Kegiatan MPLS tahun pelajaran 2022/2023 SMAN 3 Denpasar kali ini digelar secara luring, dengan tetap mengedepankan keajegan Bali, kegiatan MPLS 2022/2023 SMAN 3 Denpasar pun ditutup dengan prosesi Upakara Mawinten, pada Sabtu (16/7/2022) pagi.

Dalam kesempatannya saat ditemui langsung oleh awak media disela-sela prosesi Upakara Mawinten yang diikuti oleh seluruh peserta didik, guru, dan karyawan tersebut, Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 3 Denpasar, Kadek Dwi Rustinawati, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan, MPLS ini merupakan program yang wajib dilaksanakan setiap tahun oleh SMAN 3 Denpasar, dimana pada tahun-tahun sebelumnya program ini lebih dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa baru, dimana dalam pelaksanaannya telah diatur dalam Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang masa orientasi peserta didik baru yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  De Gadjah Berikan Dukungan Besar kepada Anak Muda Denpasar dalam Pembuatan Ogoh-Ogoh

“Jadi untuk di SMAN 3 Denpasar pada MPLS kali ini, kami mengambil tema ‘Membangun Semangat Belajar dan Memperkuat Profil Pelajar Pancasila’. Jadi banyak sekali kegiatan-kegiatan yang kami lakukan bersama para peserta didik baru untuk dapat mengenal lebih jauh lingkungan sekolahnya, dengan pemberian materi pembelajaran dari berbagai dasar ilmu pengetahuan sesuai dengan konsep Merdeka Belajar. Juga dalam penutupannya, kami di SMAN 3 Denpasar juga menggelar prosesi Upakara Mawinten, dengan harapan kegiatan ini bisa mampu memberikan pembekalan secara Rohani bagi para siswa-siswi maupun peserta didik baru di SMAN 3 Denpasar,” jelas Kadek Dwi Rustinawati.

Rangkaian kegiatan MPLS tahun ajaran 2022/2023 SMAN 3 Denpasar, yang diakhiri dengan prosesi Upakara Mawinten kali ini dipuput langsung oleh Ida Ratu Sri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun dari Kedatuan Kawistapura Belatungan Pupuan, Tabanan, dan dihadiri oleh sebanyak 287 peserta didik baru dengan total keseluruhan siswa-siswi SMAN 3 Denpasar mencapai 900 orang lebih, yang secara kusyuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan prosesi tersebut.

Baca Juga :  Teach4Hope Bersama Timedoor Academy Hadirkan Beasiswa Pelatihan Kerja Gratis Bidang IT di Denpasar

Selanjutnya, Ida Ratu Sri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun mengatakan, bahwa kegiatan Upakara Pawintenan bagi para peserta didik di SMAN 3 Denpasar kali ini memiliki makna dan tujuan untuk penyucian diri secara lahir dan batin, agar kedepan para siswa-siswi bisa mempelajari ilmu tentang keagamaan secara mendalam untuk nantinya dapat mengamalkan ajaran-ajaran suci tersebut untuk dirinya maupun orang lain.

SMAN 3 Denpasar
Prosesi Upakara Mawinten dalam rangkaian kegiatan MPLS 2022/2023 di SMAN 3 Denpasar. Sumber Foto : aar/bpn

“Pawintenan pada dasarnya untuk mengendalikan diri terhadap hawa nafsu oleh pikiran. Memohon tuntunan mempelajari ilmu pengetahuan suci, meningkatkan status manusia ke tingkat yang lebih tinggi, dan supaya mendapatkan perlindungan secara spiritual dari segala gangguan,” paparnya.

Baca Juga :  Implementasikan Proker TPAKD Denpasar Tahun 2024, Diskop UMKM Denpasar Gelar Kelas Akselerasi Pendampingan

Sementara itu, Dr. I Wayan Gede Rumega, M.Hum., selaku Ketua Komite SMAN 3 Denpasar menambahkan, dirinya berharap kegiatan MPLS bagi para peserta didik baru kali ini dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi para siswa-siswi dan guru di SMA Negeri 3 Denpasar. Sebagaimana kita ketahui dulu, guru hanya berperan sebagai pengawas dalam jalannya kegiatan masa orientasi di sekolah dan kini guru dan staf yang justru memberikan pengarahan serta mendampingi peserta didik baru dalam kegiatan MPLS tahun ajaran 2022/2023 di SMAN 3 Denpasar. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News