Pemkot Denpasar
ADB Berikan Dukungan Kepada Pemkot Denpasar Terkait Proyek KPBU Alat Penerangan Jalan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar tengah bersiap untuk berbenah dalam hal revitalisasi dan pengembangan fasilitas Alat Penerangan Jalan (APJ). Program ini nantinya akan masuk dalam lingkup Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Untuk mengawal rencana tersebut, Pemkot Denpasar mendapat dukungan dari Asian Development Bank (ADB), yang melakukan kajian terhadap rencana KPBU APJ itu di kota Denpasar.

Laporan mengenai hasil kajian KPBU APJ tersebut disampaikan secara langsung oleh Senior Energy Specialist Indonesia Resident Mission ADB, Florian Kitt kepada Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa pada Jumat (1/7/2022), di Ruang Tamu Wakil Wali Kota Denpasar.

Turut mendampingi pula dalam kesempatan itu Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma. Dalam pertemuan itu, Florian Kitt menyampaikan, saat ini tahapan terkait Technical Assistance (TA) pertama telah rampung. Pihaknya secara penuh memberikan dukungan pada setiap tahapan kepada Pemkot Denpasar. Setelah tahap TA 1 selesai, kemudian berlanjut ke tahap dokumen Pra Feasibility Study (FS), yakni tentang studi kelayakan terkait proyek itu sendiri.

“Dokumen Pra FS ini disampaikan oleh calon pemrakarsa KPBU APJ. Dan saat ini tahapan review masih dalam progress,” ujar Florian.

Baca Juga :  Siap Balik Mudik Pakai Motor, Yuk Intip Biar selalu #Cari_Aman

Dia juga berharap kajian yang dilakukan oleh ADB bisa membantu pihak Pemkot Denpasar terkait proyek KPBU APJ ini.

“Kami berharap kajian yang kami lakukan ini bisa menjadi bahan referensi bagi Pemerintah Kota Denpasar dalam hal persiapan proyek KPBU APJ. Kami siap memberikan dukungan penuh kepada pihak Pemkot Denpasar hingga proyek ini nantinya bisa berjalan sesuai dengan timeline,” lanjut Florian Kitt.

Di lain sisi, Wakil Wali Kota Denpasar, Arya Wibawa menyambut baik bentuk dukungan yang diberikan pihak ADB kepada Pemkot Denpasar ini.

“Mewakili Pemkot Denpasar kami ucapkan terima kasih atas dukungan pihak ADB. Semua review dan masukan dari tim ADB akan sangat berguna bagi kami. Dan akan kami jadikan referensi dalam hal KPBU APJ ini,” tutur Arya Wibawa.

Wawali Arya Wibawa juga mengatakan bahwa saat ini pihak Pemkot Denpasar akan terus mewujudkan komitmen untuk membuat wajah kota Denpasar menjadi lebih baik dan indah.

“Dengan adanya kajian ini, tentunya saya berharap rencana ini akan bisa berjalan sesuai kerangka acuan. Komitmen kami dalam hal proyek KPBU APJ ini juga adalah bentuk upaya Pemkot Denpasar untuk efisiensi bidang energi dan juga mempercantik wajah kota,” lanjut Arya Wibawa.

Baca Juga :  Ciptakan Tertib Administrasi Kependudukan, Tim Gabungan Kelurahan Penatih Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma menambahkan selain melakukan kajian KPBU APJ, pihak ADB ini juga nantinya akan membantu pihak Pemkot Denpasar dalam hal kajian infrastruktur lainnya.

“Pihak ADB selanjutnya juga akan support proyek-proyek lainnya dengan menggunakan skema KPBU sebagai alternatif pembiayaan infrastruktur. Untuk hal ini kami akan diskusikan lebih lanjut,” kata Wisnu Wijaya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News