Muhhamadiyah
Wagub Cok Ace Ajak Pelajar Muhhamadiyah Sukseskan Program Pembangunan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengajak Pelajar Muhhamadiyah menyukseskan program pembangunan melalui keterlibatan aktif dalam implementasi sejumlah regulasi yang dikeluarkan Pemprov Bali. Ajakan itu disampaikan Wagub Cok Ace dalam sambutan saat menghadiri Pelantikan Pengurus Wilayah Ikatan Pelajar Muhhamadiyah (PW IPM) Provinsi Bali masa bakti 2022-2024 di Aula Kantor Disdikpora Provinsi Bali, Sabtu (4/6/2022).

Mengawali sambutannya, Wagub Cok Ace menyampaikan rasa bangga karena bisa hadir di tengah peristiwa penting dan bersejarah bagi PW IPM Bali. Atas nama Pemprov Bali, ia menyampaikan selamat kepada jajaran pengurus yang baru dilantik.

“Kami mengapresiasi, ini menandakan bahwa nilai-nilai demokrasi dalam organisasi masih dirawat dengan baik yang diwujudkan dalam kebersamaan dan prosedur telah yang dilalui,” ucapnya.

Lebih dari itu, ia juga menekankan bahwa pemilihan dan pelantikan pengurus merupakan amanat dari AD/ART. Tahap ini selanjutnya akan diikuti dengan rapat kerja yang umumnya bertujuan mengevaluasi program kerja kepengurusan sebelumnya lanjut merancang kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pengurus baru.

Baca Juga :  Camat Dentim Laksanakan Pemantauan Penduduk Non Permanen di Sekitar Lapangan Kapten Japa Kesiman Kertalangu

Guru Besar ISI Denpasar ini berharap, program kerja PW IPM diselaraskan dengan agenda Pemprov Bali yang saat ini mengusung visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru. Visi ini memiliki makna, menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan Krama Bali yang sejahtera dan bahagia, sakala-niskala menuju kehidupan krama dan Gumi Bali sesuai dengan prinsip Trisakti Bung Karno: berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan melalui pembangunan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah, dan terintegrasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila 1 juni 1945. Cok Ace menyebut visi ini memiliki makna universal, bukan hanya relevan dengan kelompok tertentu.

Oleh karena itu, PW IPM Bali diminta merancang program kerja yang mendukung berbagai program prioritas yang saat ini tengah dilaksanakan Pemprov Bali. Menurut Wagub Cok Ace, IPM Bali dapat mengambil peran dalam menyukseskan implementasi sejumlah regulasi di bidang lingkungan seperti Pergub Bali Nomor 97 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber yang ditindaklanjuti dengan Keputusan Gubernur Nomor 381/03-P/HK/2021 tentang Pedoman Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat. Melalui sinergi seluruh komponen masyarakat, ia yakin implementasi sejumlah regulasi ini akan lebih optimal.

Baca Juga :  Mendagri Buka Pesta Kesenian Bali ke-44 Didampingi Gubernur Wayan Koster

Untuk diketahui, Kepengurusan PW IPM Masa Bakti 2022-2024 diketuai oleh Sheris Dandi Oktada. Acara pelantikan juga dihadiri Ketua PW Muhhamadiyah Bali H. Aminullah, S.Ag dan Pimpinan Pusat IPM Nashir Afendi. Dalam arahan singkatnya, PP IPM Nashir Efendi menyampaikan bahwa program prioritas Pemrov Bali di bidang lingkungan sangat sejalan dengan gerakan bumi yang tengah digelorakan Pelajar Muhhamadiyah. elantikan pengurus PW IPM Bali mengusung tema ‘Membangun Sinergitas Ikatan Menuju Bali yang Lebih Produktif, Progresif dan Kolaboratif’.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini