upt bahasa
UPT Bahasa Udayana Gelar Workshop Nasional 1 FILBA Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MALANG – Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) merupakan forum yang professional, ilmiah dan kolaboratif dalam bidang pengembangan, penjaminan dan penyediaan layanan pendidikan/pelatihan, pengujian, penerjemahan dan layanan-layanan Bahasa lainnya.

Bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang, diselenggarakan kegiatan Workshop Nasional pertama FILBA tanggal 8-12 Juni 2022. Adapun tujuan peyelenggaraan adalah melakukan sosialisasi dan finalisasi rancangan Standar Nasional Pelatihan Bahasa, Penerjemahan dan Penyuntingan Bahasa Pendidikan Tinggi.

Workshop juga bertujuan untuk Menyusun kisi-kisi keterampilan Bahasa yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking TKBI FILBA melalui Divisi Pengujian Bahasa. Selain itu kegiatan workshop juga Menyusun rancangan dokumen Mutu Pelatihan Bahasa, Pengujian dan Penerjemahan Bahasa melalui Divisi Penjaminan Mutu.

Acara pembukaan diselenggarakan Rabu (8/6/2022) bertempat di ballroom hotel Rayz UMM. Acara dibuka oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang akademik Prof. Dr. Saymsul Arifin, M.Si.

Baca Juga :  Selamatkan Generasi Penerus Bangsa

“Kami menyambut baik kegiatan Workshop Nasional 1 ini dan mengharapkan ada hasil yang kongkrit yag dapat bermafaat bagi semua anggota FILBA,” ucap Prof Arifin.

Salah satunya adalah Tes Bahasa Iggris Akademik bagi anggota FILBA dan umum. Kegiatan di tanggal  9 Juni dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Prof. Ali Saukah, Ph.D yang juga merupakan penasehat TEFLIN. Ali Saukah meyampaikan perihal Assesment vs Evaluation, Examination, Standardization, Standardize Test, Quality Assurance and English Language Test Developmet.

“Saya berharap melalui FILBA, Indonesia segera memiliki tes yang setara dengan TOEFL ITP atau IELTS,” ujar Prof Saukah.

Acara workshop terakhir berlangsung Jumat, 10 Juni 2022. Kegiatan berjalan dengan presentasi parallel dari masing-masing Divisi. Divisi Pengujian Bahasa yang terbagi Menyusun kisi-kisi TKBI untuk skill Reading dan Writing. Selain itu juga tim yang terbagi untuk skill Listening dan Speaking turut mempresentasikan hasil diskusi. Presentasi berlanjut dengan pemaparan mengenai standardisasi rancangan dokumen mutu pengujian, penerjemahan dan pelatihan Bahasa. Kegiatan presentasi di hari terakhir ditutup oleh Kepala Pusat Bahasa UMM.

Baca Juga :  Penutupan TMMD, Bupati Eka Resmikan Jalan 1,175 Kilometer

Kepala Pusat Bahasa UMM Dr. Masduki dalam sambutan pada acara penutupan menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan kontribusi para peserta dari seluruh Lembaga Bahasa Pergurua Tinggi yang ada di Indonesia  yang turut andil dalam penyusunanan kisi-kisi keterampilan Bahasa dan juga rancangan dokumen mutu.

Joko Priyono selaku Ketua FILBA dalam sambutan penutupannya menyampaikan lanjutan perihal pengembangan TKBI yang akan dilakukan pada Workshop Nasional II dengan tuan rumah UMS Surakarta pada bulan November mendatang.

“Standar layanan Bahasa melalui divisi Kerjasama diajukan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai sebuah standar layanan yang diharapkan dapat berlaku secara Nasional,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pemotor Tewas Tertindih Motor

Acara workshop ditutup dengan kegiatan Cultural Visit yang dilaksanakan Sabtu, 12 Juni 2022. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini