unit jurnal unud
Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unud Gelar Pelatihan Turnitin dan Teknik Paraphrasing. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Unud selenggarakan ‘Pelatihan Turnitin dan Teknik Paraphrasing untuk Academic Writing 2022’ bertempat di aula Wiswakarma Fakuktas Teknik Kampus Unud Sudirman Denpasar. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M., Kamis (16/6/2022).

Dr. Gede Mekse Korri Arisena, SP., M.Agb., selaku ketua panitia dalam hal ini melaporkan peserta yang terdata pada registrasi melalui GF mencapai lebih dari 100 orang dan diharapkan semua peserta yang mendaftar bisa hadir pada hari ini.

Baca Juga :  Dilengkapi Fitur Canggih, All New Honda Scoopy Skutik Unik dan Fashionable

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber yakni Dr. I Made Surya Negara Sudirman, SE., Ak., MM., (Dosen FEB Unud), dan Wahyu Budi Nugroho, S.Sos., MA., (Koprodi Sosiologi FISIP Unud). Dengan hadirnya kedua pembicara yang memiliki segudang pengalaman diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seluruh peserta dalam hal pengaplikasian Turnitin dan Teknik Paraphrasing.

Sementara itu Prof. Rai Maya Temaja dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada pengelola jurnal di Universitas Udayana bahwa dari data terakhir ada dua jurnal yang naik kelas humanis dari sinta 4 ke sinta 3 dan lingua dari sinta 5 ke sinta 4 dan dua lagi masuk ke pengindek sinta yaitu pustaka masuk ke sinta 5.

Baca Juga :  Kadis PMD Badung Beri Pembekalan Umum Mahasiswa KKN Unud Periode XXIV 2022

“Total semua ada 89 jurnal yang ada di sinta yang cukup membanggakan,” ucapnya.

Ketua JUPI juga diharapkan  terus pada jalurnya untuk meningkatkan kualitas jurnalnya dan tentunya dari pihak pimpinan akan mem backup dan memberika reward untuk yang berkinerja dengan baik.

Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat mencegah plagiarisme dan menjaga originalitas naskah terutama yang berbentuk tulisan, serta bertujuan untuk menjujung tinggi etika dalam publikasi ilmiah, karena perguruan tinggi merupakan gudangnya penghasil karya-karya ilmiah yang berkualitas.

Melalui pelatihan ini sangat diharapkan semua peserta dapat sharing dengan narasumber serta mengikuti pelatihan yang sungguh-sungguh  dan dapat menggali ilmu sebanyak mungkin. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini