SMK Binaan Astra
Tingkatkan Daya Saing Lulusan Vokasi, Astra Kembangkan Program National Showcase SMK Binaan Astra. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Guna mengembangkan kualitas sumber daya manusia dan mutu pendidikan vokasi di Indonesia, Astra pada Jumat (17/6/2022) melakukan Kick Off National Showcase SMK Binaan Astra (BISA) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI), Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Direktur SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd., dan Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

Di depan perwakilan guru SMK daerah Malang, Menko PMK RI, Muhadjir Effendy mengapresiasi komitmen Astra dalam memajukan bangsa Indonesia melalui pendidikan.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Astra yang telah memberikan perhatian dan komitmen yang sangat kuat untuk kemajuan human development kita. Saya rasa Astra adalah salah satu perusahaan dalam negeri yang patut dicontoh dengan komitmennya yang sangat kuat untuk kemajuan bangsa kita,” ujar Menteri Muhadjir Effendy saat menyampaikan keynote speech dalam acara yang diadakan secara hybrid ini.

Baca Juga :  Mini Seri Terbaru “Bolak Balik Dunia Nina” di SCTV

Melalui Program National Showcase SMK BISA, Grup Astra berkomitmen untuk mengembangkan skema pembinaan SMK secara konsisten.

“Sebagai langkah keberlanjutan program, Grup Astra akan terus mendampingi pengembangan National Showcase SMK BISA agar dapat menjadi sekolah vokasi unggulan seperti yang kita cita-citakan bersama. Dengan ini pula kami mengajak semua stakeholders baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, industri Grup Astra, maupun sekolah itu sendiri untuk dapat berlari bersama kami dalam program National Showcase SMK BISA,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

National Showcase SMK BISA merupakan program pengembangan SMK secara mendalam dan menyeluruh sesuai dengan konsep 8+i Link and Match yang mengedepankan kemitraan dan penyelarasan dengan Grup Astra untuk menjadikan SMK sebagai pusat rujukan nasional. Adapun konsep tersebut meliputi penyelarasan kurikulum, project based learningguest teacher/industrial instructor, praktik kerja lapangan/industri, sertifikasi kompetensi, upskilling-reskilling untuk guru, teaching factory development, komitmen serapan, dan pengembangan sekolah menjadi industrial style.

Nantinya, relevansi seluruh program keahlian akan disesuaikan dengan kebutuhan kerja pada perusahaan Grup Astra. Diharapkan program ini dapat meningkatkan kualitas SDM vokasi yang berdaya saing tinggi, khususnya di tingkat global.  

Baca Juga :  Gubernur Koster Siap Sukseskan BRI Liga 1 di Bali

Program Pembinaan Holistik  

SMK BISA telah berjalan sejak tahun 2010 dengan fokus pelatihan dan pendampingan SMK, pengembangan teaching factory, sinergi dengan badan terkait, serta pengembangan sistem link and match SMK terhadap industri.

Hingga tahun 2022, Astra telah membina 3.336 SMK dengan lebih dari 1.200 SMK diantaranya sudah Link and Match di seluruh Indonesia. Selain itu, 137 SMK juga telah terverifikasi dengan Teaching Factory Assessment.

Sebelumnya, Astra juga turut mengembangkan Link and Match vokasi bersama beberapa SMK Muhammadiyah di seluruh Indonesia. Sampai saat ini, ada lebih dari 85 SMK Muhammadiyah yang telah dibina Grup Astra dan Yayasan, dengan 20 SMK Muhammadiyah binaan berada di wilayah Jawa Timur. Dari total tersebut, tujuh SMK Muhammadiyah di wilayah Jawa dan Kalimantan berhasil memperoleh grade Bintang 5 SMK BISA.

Baca Juga :  Zandre Badak: Ike Edwin Pemimpin Idola Rakyat

SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen merupakan salah satu dari dua SMK yang terpilih dari sekian banyak SMK BISA untuk menjadi percontohan nasional dengan kompetensi beyond nasional dalam program National Showcase SMK BISA kali ini.

Pembinaan program National Showcase SMK BISA akan dilakukan menyeluruh ke segala unsur yang ada di sekolah, termasuk pengembangan manajemen sekolah menuju Corporate Style School Management. Grup Astra juga berkomitmen dalam membantu peningkatan kapasitan kompetensi dari guru dan siswa agar memenuhi tren yang ada pada Industri saat ini maupun beberapa tahun ke depan.

Melalui SMK BISA, Astra telah menyerap sebanyak 64% lulusan vokasi yang bekerja di perusahaan-perusahaan Grup Astra, sedangkan selebihnya diserap langsung oleh industri lain, dan sebagian kecil lainnya melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya atau menjadi wirausaha.

Pengembangan Pendidikan vokasi di Indonesia melalui program National Showcase SMK BISA sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini