Astra Motor Bali
Siap Naik Level Penetapan TUK, SMK Negeri 3 Singaraja Terverifikasi oleh AHM & Astra Motor Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Sebagai bentuk komitmen mendukung dunia Pendidikan dan mempertajam kontribusi dalam pengembangan Satu Hati Education Program (SHEP) guna menyiapkan generasi muda terampil dan siap bekerja, PT AHM bersama dengan main dealer Honda Astra Motor Bali melakukan verifikasi Selasa (28/6/2022), yang kali ini merupakan salah satu sekolah binaan yakni SMK Negeri 3 Singaraja.

Kegiatan yang dilaksanakan sehari setelah mengikuti ‘Sarasehan SMK Mitra Binaan AHM’, team SHEP PT AHM bersama dengan Astra Motor Bali melakukan kunjungan ke lokasi sekolah sekaligus memverifikasi kelayakan fasilitas kelengkapan sekolah baik sarana dan prasarana sebagai persiapan untuk naik level menjadi tempat uji kompetensi (TUK) yang nantinya sekolah ini akan berhak melakukan uji kompetensi keahlian (UKK) siswa versi dudi (dunia usaha dan dunia industri).

UKK merupakan program penyetaraan kompetensi lulusan siswa SMK yang setara dengan standar kebutuhan industri.

SHEP Officer PT AHM, Ony Setiawan mengatakan dengan dijalankannya proses verifikasi tempat uji kompetensi (TUK), diharapkan SMK Negeri 3 Singaraja bisa sebagai pusat bagi para siswa disekitar kota Singaraja dan 9 sekolah binaan AHM lainnya di Bali untuk melakukan uji kopetensi disekolah ini.

Baca Juga :  Jawab Kebutuhan Kosumen Honda dalam Satu Aplikasi, Astra Motor Bali Kuatkan #pakeMotorkuXaja

“Dengan terverifikasinya SMK Negeri 3 Singaraja akan jadi rujukan untuk siswa SMK sekitarnya yang ingin mendapatkan sertifikasi standar industri, yang hanya bisa dilakukan di SMK Negeri 3 Singaraja,” ungkap Oni Setiawan.

SMK Negeri 3 Singaraja baru diangkat sebagai sekolah yang menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda ditahun 2020 dan dengan semangat serta komitmennya sangat tinggi. dari pihak sekolah untuk bisa menjadi tempat uji kompetensi (TUK). Pemilihan sekolah ini melalui beberapa tahapan dan juga sudah memiliki fasilitas standar TUK diantaranya pit kerja minimal 6 unit, jumlah guru produktif 6 orang serta sarana dan prasarana kelengkapan lainnya yang mendukung.

Baca Juga :  Wujud Tali Kasih Serangkaian HUT Ke-420 Kota Singaraja, Pj Bupati Buleleng Berbagi ke LKSA

Sebelum resmi menjadi TUK, PT dari AHM dan Main Dealer akan melakukan verifikasi kesiapan kebutuhan sertifikasi, yaitu: adanya assesor yang telah tersertifikasi oleh dunia industri yang nantinya akan melakukan assesment terhadap siswa.

Selain itu SMK Negeri 3 Singaraja telah terakui sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan (PK) yang dipilih oleh dinas Provinsi Bali dan juga telah menerapkan implementasi kulikulum Merdeka (IKM).

Dalam pertemuan yang sangat hangat, wakasek Kurikulum, I Gusti Made Putra, S.Pd., M.Pd menyampaikan dengan adanya kunjungan ini membuat kami beserta team semakin bersemangat untuk segera mewujudkan sekolahnya menjadi tempat uji kompetisi (TUK) pada tahun ini.

Baca Juga :  Edukasi Safety Riding Astra Honda Nomor Satu di Asia-Oceania

“Sekolah kami, SMK Negeri 3 Singaraja ini memiliki beberapa jurusan  yang salah satunya adalah tehnik dan bisnis sepeda motor dengan menggandeng Astra Motor Bali selaku main dealer Honda area Bali,” ungkapnya.

SHEP Officer Main Dealer Astra Motor Bali, Made Putra menambahkan bentuk kerjasama selama ini yang telah berjalan antara SMK dan Astra Motor Bali adalah dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi guru, selain itu juga ada prakim (praktek kerja industri) dan pengembangan kurikulum oleh Astra Motor Bali.

“Semoga dengan tersertivikasinya sekolah ini proses belajar mengajar mwnjadi lebih semangat sehingga kedepannya dapat mendukung SMK melahirkan siswa-siswa terampil agar siap bersaing mengisi kebutuhan tenaga kerja di industri kendaraan roda dua,” ucap Made Putra.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News