Desa Dauh Puri Kaja
Program Padat Karya Tunai Desa Dauh Puri Kaja Laksanakan Penggelontoran Got. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka menindaklanjuti program pemerintah, serta untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19, Desa Dauh Puri Kaja melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai Penggelontoran Got di Jalan Jayakarta.

Perbekel Desa Dauh Puri Kaja I Gusti Ketut Sucipta saat dikonfirmasi mengatakan kegiatan padat karya ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah pusat, berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :  MPLS SMK TI Bali Global Denpasar Bentuk Siswa Berkarater

Lebih lanjut ia mengatakan, program padat karya tunai dilaksanakan penggelontoran got karena di sana endapan tanah yang ada di dalam got sangat tebal sehingga air sulit untuk mengalir.

“Program padat karya tunai dilakukan dengan penggelontoran got dan memanfaatkan tenaga masyarakat lokal,” kata Sucipta.

Penggelontoran got ini juga penting untuk antisipasi saat musim hujan. Selain itu pihaknya juga telah koordinasi dengan PUPR Kota Denpasar. Tenaga yang dilibatkan untuk menyelesaikan program ini ada sebanyak 12 orang warga yang menganggur. Mengingat dana sedikit maka program ini hanya berlangsung dua hari, setelah selesai pekerja langsung mendapatkan upah.

Sedangkan untuk program lanjutannya pihaknya melaksanakan kegiatan ketahanan pangan hewani nabati. Dimana warga diajak untuk berkebun maupun berternak, sehingga untuk kebutuhan pokoknya bisa terpenuhi.

Baca Juga :  Pastikan Mendapatkan Akses Pelayanan, Puskesmas IV Denpasar Kunjungi Pasien ODGJ

Dengan adanya program padat karya tunai ini, ia berharap warga terbantu dalam memenuhui kebutuhan ekonomi keluarga. Tentunya bantuan yang diterima tidak cuma-cuma. Disisi lain program ini dapat mendidik warga untuk ikut berpartisipasi dan  lebih aktif lagi. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini