PKB
Pesta Kesenian Bali XLIV Resmi Dibuka, PLN Siap Hadirkan Listrik Tanpa Kedip. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PT PLN (Persero) melaksanakan siaga pengamanan selama periode gelaran tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 yakni 12 Juni–10 Juli 2022, hal tersebut dikatakan General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana, Minggu (12/6/2022).

Pihaknya menjelaskan demi memastikan kesuksesan acara seni budaya itu, PLN setidaknya menyiapkan 218 personel yang ditempatkan di beberapa titik prioritas antara lain tempat kegiatan berlangsung seperti Arda Chandra Art Center, Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, dan lokasi jaga lainnya yakni Gardu Hubung Tohpati, dan Gardu Induk Sanur.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Berbagi Paket Galungan Bersama Sahabat Disabilitas

“Personil dan peralatan kami selalu siap mendukung event PKB sebulan penuh, pola pengamanan juga sudah disiapkan mengacu pada SOP yang telah disusun, sehingga dapat dipastikan listik aman dan andal,” terangnya.

Ia menyampaikan, PLN juga telah menyiapkan pasokan cadangan yang berasal dari Uninterruptible Power Supply (UPS) berkapasitas 250 KVA dan 100 KVA sebanyak 7 unit serta genset berkapasitas 250 KVA dan 100 KVA sebanyak 3 Unit, sehingga jika terdapat gangguan, cadangan ini secara otomatis mengambil alih, sehingga penyaluran tenaga listrik tetap berjalan.

Baca Juga :  Berikan Pemahaman dan Penajaman Bagi Perangkat Daerah, Pemkot Denpasar Gelar Bimtek Fasilitasi, Asistensi dan Supervisi Penyusunan LPPD

“Kami memastikan pelaksanaan pemeliharaan baik di sisi pembangkit, transmis, gardu induk, termasuk jaringan distribusi sudah dilaksanakan sebelum pelaksanaan siaga, sehingga saat kegiatan berlangsung, seluruh kegiatan pemeliharaan ditunda atau ditiadakan kecuali jika terbapat urgensi untuk perbaikan karena gangguan,” terangnya.

Udayana menambahkan, saat ini daya mampu pembangkit di sub sistem Bali sebesar 1322 MW dengan rata – rata beban puncak harian 837 MW, sehingga terdapat cadangan daya atau reserved margin 485 MW, sehingga pasokan listrik secara keseluruhan dalam keadaan aman.

Baca Juga :  Gelar Apel Kesiapsiagaan, Dinsos P3A Bali Peringati HUT Ke-20 Tagana dan Pengukuhan Forum Komunikasi Tagana Provinsi Bali Periode 2024-2029

“PKB kali ini akhirnya dapat diselenggarakan dengan semarak setelah 2 tahun sebelumnya tidak berjalan maksimal karena pandemi, oleh karenanya PLN ingin menjadi bagian penting yang mendukung kesuksesan acara sebulan penuh dengan memastikan listrik aman selama kegiatan berlangsung,” kata Udayana.

Terakhir, ia mengajak masyarakat untuk sama–sama menikmati kegiatan setahun sekali ini dengan aman dan nyaman, dan jika menemukan potensi bahaya kelistrikan agar dapat segera dilaporkan melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center 123.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News