fib unud
Ni Nyoman Supadmi Raih Gelar Doktor Linguistik di FIB Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Linguistik Program Doktor, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana kembali menyelenggarakan Promosi Doktor dengan promovenda Ni Nyoman Supadmi pada Rabu, (25/5/2022) secara hybrid di ruang Dr. Ir. Soekarno, Gedung Poerbatjaraka, FIB Unud.

Promovenda adalah Kepala SMK Widya Wisata Graha, Karangasem. Ujian terbuka dipimpin oleh Dekan FIB Unud, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum, didampingi oleh Promotor, Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A.

Dalam ujian terbuka, Ni Nyoman Supadmi berhasil mempertahankan disertasi dengan judul ”Kesantunan Berbahasa Inggris dalam Pembelajaran Siswa SMK Perhotelan di Kabupaten Karangasem”. Setelah melalui tahapan ujian terbuka, Ni Nyoman Supadmi dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan merupakan Doktor ke-166 di FIB Unud dan Doktor ke-206 di Program Studi Linguistik Program Doktor.

Tim penguji terdiri atas Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A., Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A., Prof. Dr. I Ketut Darma Laksana,M.Hum., Prof. Dr. I Wayan Simpen, M.Hum., Prof. Dr. Drs. I Dewa Komang Tantra, M.Sc., Ph.D., Dr. Ni Made Dhanawaty, M.S., dan Dr. Dra. Ni Luh Ketut Mas Indrawati., Dip.TEFL.M.A.

Baca Juga :  Sekda Rai Iswara Buka Musda MPAG Kota Denpasar

Dalam disertasinya, Supadmi mengungkapkan bahwa kesantunan berbahasa di lingkungan masyarakat sekolah sangatlah penting, karena bertutur dan berkomunikasi santun dapat menjaga nilai diri sebagai makhluk sosial. Kesantunan berbahasa adalah kesopanan dan kehalusan dalam menggunakan bahasa ketika berkomunikasi melalui lisan maupun tulisan.

“Kesantunan berbahasa terkait dengan pembahasan tentang sikap bahasa (language attitude) dan etiket berbahasa (language etiquette) karena kesantunan berbahasa, sikap bahasa dan etiket berbahasa berhubungan dengan pertimbangan citra diri, mitra tutur dan situasi tempat suatu komunikasi berlangsung,”papar Supadmi.

Pola kesantunan berbahasa dalam kegiatan pembelajaran melalui suatu proses. Pola kesantunan berbahasa Inggris dalam pembelajaran siswa dilakukan seorang guru dengan cara (1) pembiasaan, (2) pengarangan, (3) pengawasan, dan (4) keteladanan. Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris.

Pola kesantunan meliputi tuturan tidak langsung, tuturan yang dikatakan berbeda dengan yang dimaksudkan, tuturan yang dikatakan secara implisit gaya bahasa, ungkapan, pemakaian pribahasa, dan basa basi. Kesantunan berbahasa banyak dipengaruhi nilai kemasyarakatan dan budaya.

“Bentuk kesantunan dalam berbahasa Inggris secara tidak langsung dengan menggunakan penanda sopan sehingga tidak menyinggung perasaan penutur. Sopan tidaknya suatu tuturan akan sangat berpengaruh terhadap psikologis petutur karena penutur secara manusiawi sendiri ingin dihargai dan dihormati,”imbuhnya.

Baca Juga :  Pusat Perbelanjaan Menjadi Sasaran Sambangan Polisi

Dalam disertasinya, Supadmi mengemukakan bahwa kesantunan seseorang bisa dilihat dari tindak tanduk dan tutur kata yang tampak terealisasi dalam interaksi sehari-hari. Pola kesantunan berbahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran siswa SMK dilakukan seorang guru melalui proses pembiasaan, pengarahan, pengawasan, keteladanan bertutur sopan, dan bercakap-cakap sehari-hari.

Pola yang dilakukan dalam pembelajaran adalah membiasakan penggunaan kata please help atau tolong untuk minta bantuan orang lain, membiasakan penggunaankata maaf atau sorry untuk yang diperkirakan dapat menyinggung perasaan orang lain, dan membiasakan penggunaan frasa thank you sebagai penghormatan kebaikan orang lain, atau setiap bantuan yang diterima.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMK Perhotelan, kesantunan dan ketepatan bahasa dengan bahasa Inggris perhotelan, dalam hal ini English for Hotel, merupakan bagian dari pelayanan yang tak dapat dihindarkan dalam berkomunikasi. Pembelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran wajib yang harus ditempuh oleh peserta didik di SMK Perhotelan.

Baca Juga :  Walikota Rai Mantra Buka Denpasar Kite Festival 2018

Oleh karena itu, bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah SMK Perhotelan memiliki tujuan mengembangkan kemampuan berkomunikasi santun baik lisan maupun tulisan.

Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A. selaku promotor menyampaikan bahwa hasil penelitian atau disertasi dari promovenda memiliki banyak sumbangan terhadap pengembangan ilmu, antara lain pola kesantunan berbahasa Inggris dalam pembelajaran siswa, penggunaan bahasa Inggris dalam pembelajaran, dan model kesantunan siswa dalam proses pembelajaran di SMK swasta di Kabupaten Karangasem. Dari sisi keilmuan, temuan disertasi ini dapat dijadikan model untuk mengajarkan bagaimana siswa bersopan santun dalam berbicara bahasa Inggris.

Di akhir penyampaiannya, Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A., selaku promotor menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A. dan Prof. Dr. I Ketut Darma Laksana, M.Hum. selaku kopromotor, para dosen penguji, serta seluruh dosen pengajar yang telah membimbing promovenda selama menempuh pendidikan di Program Studi Linguistik Program Doktor sehingga dapat meraih gelar akademik tertinggi. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini