PKB XLIV 2022
Pelaksanaan PKB XLIV 2022 yang dihadiri langsung oleh Mendagri dan Menparekraf RI. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dalam pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV tahun 2022, dimana hal tersebut diungkapkan langsung oleh Mendagri Tito yang juga secara resmi melepas Peed Aya (Pawai) sebagai tanda dimulainya PKB XLIV, pada Minggu (12/6/2022) bertempat di depan Monumen Bajra Sandhi Niti Mandala, Renon, Denpasar.

Dalam kesempatannya tersebut, Mendagri yang didampingi juga oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, dan Gubernur Bali, Wayan Koster, menandai pelepasan pawai PKB XLIV dengan pemukulan gong yang kemudian dilanjutkan dengan pementasan Gambyuh Agung, ciptaan barungan baru yang bertitik mula dari pemuliaan Gambuh dengan menghadirkan 88 buah instrumen gamelan yang melibatkan 99 penabuh dan penari rarejangan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Baca Juga :  Apel Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-98

Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan, meskipun berhalangan hadir, Presiden Jokowi sangat mengapresiasi penyelenggaraan PKB XLIV tahun 2022 kali ini, dimana hal tersebut dapat terselenggara berkat kerja keras Pemprov dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 di seluruh wilayah di Bali.

“Saya juga sampaikan masyarakat Bali masih disiplin dalam penggunaan masker hingga saat ini,” jelas Tito Karnavian.

Selanjutnya, PKB XLIV kali ini mengambil tema ‘Danu Kerthi – Huluning Amreta’, yang artinya Memuliakan Air Sebagai Sumber Kehidupan yang akan berlangsung selama 1 bulan penuh mulai 12 Juni – 10 Juli 2022 di Art Centre Denpasar.

Setidaknya, ada sebanyak 16.150 seniman dan 200 sanggar yang dilibatkan dalam pelaksanaan PKB XLIV tahun ini, yang dimana materi pokoknya adalah Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).

Baca Juga :  PPKM Darurat Berlaku, Kapolda Bali Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Aman Nusa Agung II Penanganan Covid-19

Sementara itu, Gubernur Bali, Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya karena Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian berkenan hadir langsung melepas Peed Aya (Pawai) Pesta Kesenian Bali.

“Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-44 tahun 2022 sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru,” paparnya. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini