Cittakriya Bali Kerthi Nugraha
Lolos dalam Cittakriya Bali Kerthi Nugraha, Tiga Kandidat Denpasar Dinilai Tim Provinsi Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tiga kandidat Denpasar lolos dalam Lomba Cittakriya Bali Kerthi Nugraha Provinsi Bali yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali. Pada Senin (27/6/2022) tiga kandidat Denpasar yakni Arry Budiawan, Kadek Dendy Jambyantara dan I Wayan Jegog ditinjau langsung di lokasi tempat kerja masing-masing.

Tim penilai dari Badan Riset dan Inovasi Daerah hadir langsung melakukan penilaian dan wawancara. Tiga kandidat ini merupakan usulan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kota Denpasar melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Denpasar. Arry Budiawan usulan peserta dari Disperindag dengan inovasi dibidang penerapan teknologi ecoprint sebagai inovasi kreatif dalam industri fashion yang ramah lingkungan. Sementara Kadek Dendy Jambyantara peserta usulan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan karya teknologi tepat guna alat pemanggang, dan I Wayan Jegog dengan karya mesin pencacah sampah.

Baca Juga :  Implementasikan Proker TPAKD Denpasar Tahun 2024, Diskop UMKM Denpasar Gelar Kelas Akselerasi Pendampingan

Kadis Perindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari menyampaikan Pemerintah Kota Denpasar melalui Disperindag, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah menyerahkan usulan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Denpasar yang diteruskan mendaftarkan tiga kandidat Denpasar untuk turut serta dalam ajang perlombaan Cittakriya Bali Kerthi Nugraha. Dimana usulan kandidat ini merupkaan binaan dari Disperindag beserta Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Denpasar dibawah pimpinan Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

“Hari ini kandidat Denpasar mendapatkan jadwal penilaian dan peninjauan langsung dari tim penilai Lomba Cittakriya Bali Kerthi Nugraha Provinsi Bali. Para tim penilai juga telah memberikan masukan dan dukungan kepada tiga kandidat Denpasar dan diharapkan dapat lolos menjadi pemenang dalam perlombaan ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Pengukuhan Bendesa Adat Sanur Periode 2024-2029

Lebih lanjut disampaikan bahwa ketiga kandidat ini telah memiliki karya yang dikenal masyarakat hingga ditingkat Nasional. Hal ini juga tidak terlepas dari langkah pendampingan yang rutin diberikan oleh Disperindag, Dekranasda dan OPD terkait di Pemkot Denpasar. Seperti Arry Budiawan dengan produk unggulannya penerapan teknologi ecoprint yang telah mampu merambah pasar Nasional.

“Kami berharap dari tiga kandidat Denpasar dapat menjadi pemenang dalam ajang lomba Cittakriya Bali Kerthi Nugraha Provinsi Bali serta dapat memberikan inspirasi dan inovasi di Kota Denpasar khususnya dan Bali pada umumnya,” ujarnya.

Sementara Arry Budiawan dengan produk unggulannya penerapan teknologi ecoprint menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Denpasar atas kesempatan yang telah diberikan untuk dapat mengikuti lomba yang digelar Pemerintah Provinsi Bali.

“Kami telah dinilai dan tim penilai sudah hadir langsung untuk melihat ruang kerja kami dan nantinya berharap mendapatkan hasil yang maksimal,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kami adalah Home Industri di bidang natural dye khususnya Eco Printing. Usaha kami dimulai sejak akhir tahun 2017. Kami berfokus pada proses pencetakan kain dengan menggunakan bahan-bahan alami dari alam Indonesia khususnya Bali. Ecoprint itu sendiri adalah sebuah proses pencetakan kain dengan motif daun, bunga bahkan kulit kayu dengan menggunakan pewarna alami.

“Para tim penilai juga telah memberikan masukan-masukan untuk kemajuan produk ecoprint yang saat ini terus berkembang mulai dari kemeja, tas, topi, hingga produk lainnya,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News