Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Badung, I Made Widiana
Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Badung, I Made Widiana membuka secara resmi acara Kurasi Produk UMKM Kabupaten Badung di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Senin (27/6/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung yang dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Badung, I Made Widiana membuka secara resmi acara Kurasi Produk UMKM Kabupaten Badung sebagai tindak lanjut kesepakatan bersama tentang kerja sama penyelenggaraan pembangunan dan pemberdayaan UMKM Kabupaten Badung, bertempat di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Senin (27/6/2022). Acara ini turut dihadiri Kepala Cabang BPD Mangupura, Store Manager Sogo Discovery Mall dan Bali Collection, Asisten Store Manager PT Alun-Alun Indonesia Kreasi Bali serta para peserta kurasi.

Dalam sambutan Bupati Badung yang dibacakan Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Badung, I Made Widiana menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Badung sangat menyambut baik pelaksanaan kurasi produk UMKM Kabupaten Badung untuk selanjutnya sebagai Temporary Vendor pada Sogo Discovery Shopping Mall dan alun-alun Indonesia Bali Collection ITDC Nusa Dua.

Baca Juga :  Badung Kembali Gelar GEMARIKAN untuk Cegah Stunting

“Melalui kurasi ini diharapkan akan terseleksi produk UMKM sesuai dengan tingkatan mutu sehingga memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar serta sesuai dengan kebutuhan pasar global pada umumnya. Melalui kerja sama yang sinergis ini dapat menjadi sarana promosi untuk lebih memperkenalkan produk UMKM Kabupaten Badung agar lebih dikenal baik ditingkat nasional maupun internasional, untuk itu kita harus memberikan perhatian yang intensif dan semakin gencar menggali serta membina potensi-potensi unggulan daerah terutama yang menjadi produk UMKM untuk dikembangkan sehingga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Sementara Kabid Bidang UKM Badung, I Made Wirya Santosa melaporkan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung telah menandatangani naskah kesepakatan bersama PT Alun-Alun Indonesia Kreasi dan PT Panen Lestari Indonesia pada tanggal 26 April 2022 tentang kerja sama penyelenggaraan program pengembangan dan pemberdayaan UMKM Kabupaten Badung.

Baca Juga :  Bank Indonesia Bali Buka Penukaran Uang Rupiah di Daerah Wisata Pantai Kuta Kabupaten Badung Bersama Bendesa Adat

“Atas nama Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Badung menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang mendalam kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kerja sama dengan proses kurasi produk agar dapat menjadi Temporary Vendor di Sogo dan alun-alun Indonesia. Kegiatan ini akan mendukung upaya pemberdayaan sektor riil khususnya pengembangan dan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Badung,”ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, tujuan pelaksanaan kurasi produk UMKM ini diantaranya adalah memperkenalkan produk UMKM di Kabupaten Badung kepada pelaku usaha besar untuk dapat dikerjasamakan dalam hal promosi dan pemasaran, memicu kreativitas pelaku UMKM untuk selalu berinovasi dalam membuat produk agar dapat bersaing di pasar global serta memfasilitasi pelaku UMKM untuk menambah jaringan kemitraan usaha dalam rangka pengembangan usaha UMKM. Adapun jumlah peserta kurasi produk UMKM pada saat ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari beberapa kriteria produk diantaranya fashion, aksesoris, handycraft, home living, dry food, produk spa sesuai dengan kriteria dari Sogo Discovery Shopping Mall dan Alun-Alun Bali Collection ITDC Nusa Dua serta sumber pendanaan acara ini bersumber dari support Bank BPD Bali Cabang Mangupura.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News