arsitektur unud
Kunjungan UNHAS dalam Rangka Sosialisasi Program Doktor dan Magister Arsitektur. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka studi terkait kerja sama Program Doktor dan Magister Arsitektur, Universitas Hasanuddin melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Udayana pada tanggal Jumat (27/5/2022) bertempat di Ruang Sidang III, Gedung Dekanat Fakultas Teknik.

Adapun pokok pembahasan utama pada kegiatan ini adalah pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.  kegiatan diawali dengan pemaparan profil Program Studi dari masing-masing institusi. kemudian dilaksanakan pembahasan/tinjauan perihal pengembangan kerjasama terkait bimbingan bersama dan penguji eksternal pada Program Doktor. Tinjauan lain yang seyogyanya dapat juga dilakukan tentang pengelolaan publikasi jurnal ilmiah berupa Mitra Bestari (Peer Reviewer) pada masing-masing Institusi.

Baca Juga :  Jelang Hari Raya Galungan, Disperindag Kota Denpasar Monitoring Harga 

Sebelumnya Universitas Hasanuddin dan Fakultas Teknik Universitas Udayana sudah melaksanakan kerjasama yang tertuang dalam perjanjian kerjasama MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) khususnya pertukaran mahasiswa. Selain itu, PKS (Perjanjian Kerja Sama) akan dipersiapkan mengenai kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat.

Dalam waktu dekat, kerja sama ini akan diidentifikasi terlebih dahulu tentang hal-hal yang dapat dikerjasamakan secara spesifik. Kerja sama ini juga dimudahkan dengan masuknya Fakultas Teknik Universitas Udayana dalam Forum Dekan Teknik Indonesia, yang terdiri dari Fakultas Teknik seluruh Indonesia baik Perguruan Negeri maupun Swasta. Bergabungnya FT Unud di FDTI ini memudahkan segala bentuk kerja sama, dengan prinsip maju bersama untuk membangun negara.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Resmikan Gedung Baru LPD Desa Pangsan

“Terdapat hal penting yang perlu dibangun yaitu kolaborasi seluruh Fakultas Teknik seluruh Indonesia untuk memperbaiki masing-masing problematika yang ada di Fakultas Teknik Universitas terkait. Misalnya, kelebihan yang dimiliki Universitas Hasanuddin yaitu memiliki fasilitas laboratorium yang memadai dan untuk Universitas Udayana memiliki penelitian yang etnik atau tradisional mengenai budaya-budaya yang ada di Bali,” ucap Dekan Ir. I Ketut Sudarsana, ST, Ph.D.

Maka harapannya melalui kerja sama ini Fakultas Teknik Seluruh Indonesia bisa semakin maju terutama dari sisi penelitian publikasi, riset, serta meningkatan pendapatan dari pihak swasta maupun industri sebagai penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mencapai Visi dan Misi Fakultas Teknik Universitas Udayana serta unggul dan diakui Nasional maupun Internasional. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini