Denpasar
Kota Denpasar Tampilkan Tarian Barong Dalam Pawai Budaya Rangkaian Raker KOMWIL IV APEKSI Ke-17 Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kota Denpasar menampilkan Tarian Barong pada Pawai Budaya dalam Rangkaian dari Raker KOMWIL IV APEKSI ke-17 Tahun 2022 di Kota Kupang, Rabu (22/6/2022). Penampilan Tarian Barong ini dibawakan oleh beberapa Kadis dan Kabag Pemerintah Kota Denpasar serta warga Bali yang tergabung dalam Paguyuban Banjar Dharma Agung Kupang.

Ketua Paguyuban Banjar Dharma Agung Kupang dr.Ari Wijana mengatakan, Tarian Barong menyimbolkan tentang kebaikan, kebajikan atau dharma. Tari Barong juga merupakan bentuk kesenian yang bersifat bebali, dimana fungsi nyari tual yang identik disebut sesuwunan dikalangan masyarakat Bali dan dipercaya sebagai kekuatan mistis yang menuntun keyakinan manusia dalam mengimplementasikan nilai-nilai kebenaran serta memiliki kekuatan gaib atau diyakini dapat melindungi keselamatan manusia.

Baca Juga :  Selly Mantra Dukung Mahasiswi Denpasar Tampil di Ajang Paris Fashion Week

Dengan menampilkan tarian barong pada Pawai Budaya dalam rangkian Apeksi ini diharapkan dapat memperkenalkan kebudayaan Bali pada umumnya dan Kota Denpasar pada khususnya.

“Melalui pawai budaya ini kami juga mengharapkan semua daerah mengenal dan mengetahui kebudayaan Kota Denpasar khususnya dan Bali umumnya,” ungkap Ari.

Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana di dampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana mengatakan dengan menampilkan Tarian Barong diharapkan dapat memperkenalkan Kebudayaan Bali Kota Denpasar pada khususnya. Sehingga banyak warga Kupang maupun daerah lainnya bisa berkunjung ke Kota Denpasar.

“Dengan demikian maka dapat membangkitkan pembangunan maupun perekonomian masyarakat Bali umumnya dan Denpasar khususnya,” ungkap Alit Wiradana.

Baca Juga :  Putri Suastini Koster Dukung Keaktifan Kelompok Wanita Tani

Wali Kota Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, SE., MM., mengaku penampilan Tarian Barong Kota Denpasar sangat spektakuler. Dengan penampilan tarian barong ini dapat memperkenalkan kebudayaan Bali umumnya dan Kota Denpasar khususnya, sehingga menarik orang untuk berkunjung ke Kota Denpasar.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan mengelar Rangkian dari Raker KOMWIL IV APEKSI ke-17 Tahun 2022 di Kota Kupang dapat menggembukan perekonomian masyarakat Kupang.

“terbukti banyak orang membeli pernak pernik dari  UMKM  kami,” jelasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini