Asuransi Astra
Kampanye #Cari_Aman, Asuransi Astra Dapat Ilmu Safety Riding. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Semangat mengkampanyekan #Cari_Aman secara konsisten terus dikobarkan oleh Astra Motor Bali melalui team safety riding-nya. Hal ini diwujudkan dengan menggandeng perusahaan-perusahaan yang karyawannya rata-rata menggunakan kendaraan roda dua untuk berangkat bekerja.

Kesempatan inipun di manfaatkan oleh Asuransi Astra sebagai anak perusahaan dari Astra Internationak Tbk yang bergerak dibidang asuransi untuk mengubah mindset dalam berkendara dijalan raya dengan mengutamakan safety riding.

Kegiatan yang dikemas dalam kondisi seminar edukasi ini diikuti 30 karyawan yang kesehariannya menggunakan kendaraan roda dua dan dilaksanakan secara offline di kantor Asuransi Astra 28 Juni 2022.

Team Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius memaparkan materi refreshment berkendara dasar & memprediksi bahaya di jalan serta focus pada konsep merubah mindset #Cari_Aman kepada karyawan dan rekanan Asuransi Astra

Baca Juga :  Suzuki Motor Bali Serahkan Unit Suzuki Burgman Street 125EX ke Konsumen Pertama

Lebih detail lagi team safety riding menyampaikan potensi bahaya di jalan raya antara lain terjatuh karena tergelincir, terpapar Covid-19, masalah persendian, masalah pada penglihatan,terluka karena jatuh saat praktek.

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan kampanye #Cari_Aman menjadi salah satu bentuk edukasi yang akan menjadi sangat hangat ditelinga masyarakat. Seminar edukasi ini bertujuan bahwa peserta memahami pentingnya keselamatan berkendara, peserta memahami tehnik dasar berkendara,dan peserta mampu mengenali dan memprediksi bahaya.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini karyawan Asuransi Astra lebih awareness terkait pengetahuan dasar keselamatan dalam berlalulintas, mengetahui kelengkapan berkendara yang sangat penting untuk dijalan raya, paham tehnik dasar dalam berkendara serta dapat memprediksi bahaya dasar,” ungkap Iswahyudi.

Ditambahkan dalam materi yang sampaikannya bahwa kecelakaan yang sering terjadi disebabkan oleh beberapa faktor yakni faktor manusia, kendaraan, lingkungan. Untuk itu sangat penting pengendara wajib melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan dengan sepeda motor diantaranya Perlengkapan berkendara, fungsi melindungi anggota tubuh dan meminimalis dampak dari sentuhan dengan jalan maupun benturan.

“Helm, gunakan helm berwarna cerah, kaca bening dan minimal berstandar SNI. Jaket berwarna cerah dengan pengunci karet atau kancing di ujung lengan untuk mengurangi pergerakan lengan jaket saat terjatuh. Sarung tangan, gunakan yang full cover untuk memaksimalkan perlindungan. Celana, gunakan celana panjang dengan ukuran yang pas agar nyaman saat berkendara. Sepatu, sebaiknya gunakan sepatu yang menutupi mata kaki dan tidak bertali,” jelas Yosepth Klaudius.

Baca Juga :  Honda Mulai Rangkaian Aktivitas Honda e:Technology City Tour Keliling Jakarta dengan Mobil Elektrifikasi

Seluruh peserta antusias mengikuti jalannya seminar edukasi terbukti banyak pertanyaan dan games menarik yang dikerjakan secara seru.

Selain itu, Safety Riding Instructor, Yosepth Klaudius, mengingatkan ke peserta untuk wajib mempelajari prosedur pengereman yang benar yakni dengan konsep dasar ketika mengerem, beban pindah ke bagian depan, menambah beban roda depan yang bersentuhan dengan jalan/asphal. Artinya tenaga pengereman pada rem depan lebih besar daripada rem belakang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News