Fakultas MIPA
Fakultas MIPA Universitas Udayana Jadi Tuan Rumah ICON-SMART 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Fakultas MIPA Universitas Udayana menjadi Co-host Seminar Internasional the 3rd International Conference On Natural Sciences, Mathematics, Applications,  Research, and Technology (ICON-SMART  2022) yang diselenggarakan oleh Universitas Sam Ratulangi.

Kegiatan ini bekerjasama juga dengan Yokohama National University Japan, Prince of Songkla University Thailand, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Mataram, Universitas Negeri Malang, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Universitas Negeri Gorontalo, dan Universitas Cendrawasih yang diselenggarakan secara hybrid,  3 sampai 4 Juni 2022 di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali dan online via Zoom.

Seminar yang diselenggarakan di rangkaikan dengan pertemuan rutin Dekan FMIPA se Indonesia (MIPAnet) dan Majelis Dekan Sains dan Matematik (MDSM) Malaysia, yang pada pertemuan ke tiga difokuskan dan mengambil tema Mathematical Physics and Biotechnology for Education, Energy Efficiency, and Marine Industries. Seminar menghadirkan pembicara dari Griffith University, Yokohama University, University Putra Malaysia, Universiti Malaya, dan Prince of Songla University.

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU dalam sambutannya menyampaikan diselenggarakannya seminar ini merupakan salah satu implementasi dari MoU antara Unud dengan Unsrat yang telah dilakukan dua tahun lalu dan pihaknya berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut, khususnya dalam hal konferensi ilmiah. Selaku Rektor pihaknya juga akan terus memberikan dukungan bagi kerjasama dengan Universitas Sam Ratulangi dalam skala yang jauh lebih besar.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri HUT Ke-1 SMPN 16 Denpasar

Rektor Unud memiliki harapan besar bahwa konferensi ini akan membawa manfaat yang besar bagi semua ilmuwan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Walaupun konferensi ini hanya berlangsung beberapa hari, namun semuanya disini sebagai peneliti dapat saling bertukar ilmu dan pengalaman pribadi yang diharapkan dapat bermanfaat untuk melakukan penelitian bersama di masa yang akan datang. Selain itu, Rektor juga berharap ada rekomendasi dari konferensi ini yang dapat diimplementasikan lebih lanjut oleh badan pemerintah atau lembaga lain dalam pengambilan keputusan dan kebijakan di masa mendatang.

“Pentingnya membangun suatu platform dan meningkatkan kerjasama antara basic dan applied sciences sehingga menghasilkan kolaborasi riset dan publikasi internasional berkualitas,” tegas Rektor.

Baca Juga :  Rock Bar di Bali Menghadirkan Identitas Visual Baru yang Memukau

Sementara Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen J. Kumaat, M.Sc., DEA dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Rektor Universitas Udayana dan juga ucapan terima kasih kepada para pimpinan universitas lainnya.

“Semoga kegiatan ini menjadi momen yang menyenangkan dan sangat produktif. Dalam dua konferensi sebelumnya kita fokus pada bagaimana melihat dampak pandemi, tetapi sekarang penting untuk membahas bagaimana pendidikan, energi, dan produk kelautan,” ucapnya.

Tahun ini kami menyelenggarakan konferensi secara hybrid dan juga melibatkan Majelis Dekan Sains dan Matematik (MDSM) Malaysia serta merupakan konferensi terbesar yang dilaksanakan. Melalui kesempatan tersebut Rektor Unsrat juga memberikan apresiasi kepada keynote speaker, para pembicara dan panitia yang telah mengorganisir kegiatan ini.
Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan Gong oleh Rektor Unsrat dan Rektor Unud. Acara ini diikuti oleh 730 peserta umum dan 900 mahasiswa dari 144 institusi dari 19 Negara. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News