Bupati Tamba Beri Motivasi Duta Kesenian Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana I Nengah Tamba memantau pelaksanaan kegiatan Gladi Bersih Peed Aya (Pawai Budaya) Duta Kabupaten Jembrana pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV tahun 2022 bertempat di Lapangan Nusasakti, Desa Nusasari, Kamis (9/6/2022).

Seperti diketahui event tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) akhirnya kembali digelar tahun ini, setelah sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19. PKB tahun ini mengusung tema Danu Kerthi Huluning Amreta yang bermakna Memuliakan Air Sumber Kehidupan.

Rencananya pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2022 akan dilaksanakan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala Denpasar, Minggu (12/6/2022) mendatang. Pembukaan ditandai dengan pelepasan peed aya (pawai) yang dimulai pukul 14.00 WITA.

Dalam pembukaan PKB ke XLIV tersebut, Duta Kabupaten Jembrana sendiri akan menampilkan fragmentari ‘Puja Saji Peneduh Bumi’ dengan melibatkan peserta Pawai sebanyak 125 orang seniman

Baca Juga :  Bupati Tamba Mendem Pedagingan Karya Ngenteg Linggih Pura Khayangan Jhagat Luhur Berangbang Agung

Di sela-sela menyaksikan gladi, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba juga sempat memberikan masukan serta motivasi. Ia minta para peserta agar tetap semangat terutama ketika pentas nanti.

“Jangan sampai nanti kelihatan loyo, harus ekspresif dan semangat. Senyum dan penjiwaan karakter dari masing-masing peran juga harus diperhatikan,” ujarnya.

Selain itu, dengan penampilan para seniman Jembrana yang mayoritas dari Desa Nusasari tersebut, Bupati asal Desa Kaliakah ini juga berjanji akan mengikutsertakannya dalam HUT Kota Negara nanti.

“Penampilan kalian sukses menarik perhatian banyak masyarakat di sini yang ikut menyaksikan. Nanti pada HUT Kota Negara kalian akan ikut serta,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tiga Tahun Kepemimpinan Tamba-Ipat, Wabup Ipat Berbagi Kasih di RSU Negara

Sementara, informasi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, dalam pagelaran PKB tahun ini, selain pawai kontingen Jembrana juga ikut serta dalam Gong Kebyar Anak, Gong Kebyar Dewasa, Gong Kebyar Wanita, Jegog Mebarung dan Bumbung Kepyak dalam 12 Juni hingga 10 Juli mendatang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News