Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengharapkan keberadaan Danau Buyan terus dikembangkan. Guna bisa menjadi destinasi wisata yang berpengaruh di Kabupaten Buleleng.

“Berbagai upaya terus dilakukan untuk melestarikan dan mengembangkan Danau Buyan ini,” ujarnya saat ditemui usai memimpin Gerakan Bali Resik dan Tebar Benih Ikan di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Jumat (24/6/2022).

Agus Suradnyana menjelaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng sebenarnya sudah mendesain Danau Buyan sedemikian rupa sampai ke daerah Dasong. Dalam desain tersebut direncanakan ada fasilitas rumah pohon. Sehingga, bisa memberi kontribusi baik sebagai destinasi yang dituju wisatawan maupun penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang maksimal ke depan.

“Cuma karena ada keterbatasan anggaran karena dihantam pandemi Covid-19, pengembangan masih ditunda. Desainnya sudah sangat komprehensif,” jelas dia.

Baca Juga :  Bupati Suradnyana Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Serentak Serangkaian HUT Bhayangkara ke-75

Meskipun begitu, pengembangan juga dilakukan dengan melibatkan Desa Dinas dan Desa Adat. Bekerjasama dengan Pemkab Buleleng. Sementara dibangun dengan model pemanfaatan lahan untuk trek lari ringan dan tempat kemah. Pembangunan dilakukan dengan memanfaatkan limbah proyek jalan baru Singaraja-Mengwitani. Untuk saat ini, Danau Buyan sudah ditata dengan rapi dan bersih.

“Saya sangat berterima kasih masyarakat sudah mau bersinergi dengan pemerintah khususnya Pemkab Buleleng,” ucap Agus Suradnyana.

Disinggung mengenai pelestarian lingkungan di sekitar Danau Buyan, Agus Suradnyana mengungkapkan sosialisasi telah diberikan kepada masyarakat agar tidak membuat jarring di danau. Termasuk tidak membuat keramba. Dengan tidak adanya pembuatan jaring dan keramba, mencegah pendangkalan terjadi di Danau Buyan. Kemudian, bersinergi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida untuk menghilangkan gulma yang ada.

“Ke depan kerja sama dengan Bali juga akan terus ditingkatkan,” ungkap mantan anggota DPRD Provinsi Bali ini.

Gerakan Bali Resik dan Penebaran Benih Ikan digelar di Danau Buyan serangkaian dengan peringatan Bulan Bung Karno IV tahun 2022. Kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Buleleng, Ketua DPRD Buleleng, Sekda Buleleng, Forkopimda Buleleng dan segenap pegawai di lingkup Pemkab Buleleng.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini