Layak Anak
Bupati Bangli Lantik Pengurus APSAI dan Deklarasi Kabupaten Layak Anak. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengukuhkan pengurus Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) periode 2022-2025 yang dirangkaikan dengan Deklarasi Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Kecamatan Layak Anak, dan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Bangli, pada Selasa (31/5/2022).

Acara yang digelar di panggung utama alun-alun Bangli tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, Ketua TP PKK Kabupaten Bangli, Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua WHDI Kabupaten Bangli, Ny. Suciati Diar, Ketua Gatriwara Kabupaten Bangli, Ny. Desak Ayu Sukma Swastika, pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, serta undangan lainnya.

Baca Juga :  Sedana Arta Pimpin Rombongan Penganyar Pemkab Bangli ke Pura Ulun Danu Batur

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangli, Ida Ayu Gede Yudi Sutha dalam kesempatan tersebut mengatakan APSAI dibentuk untuk mewadahi partisipasi perusahaan/dunia usaha, media, Lembaga Swadaya Masyarakat yang berkomitmen untuk ikut menyelenggarakan Pemenuhan hak anak.

“Wujud dari partisipasinya adalah berupa pengembangan usaha yang ramah anak dan menuangkan dalam anggaran program kegiatan yang peduli anak,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, sesuai amanat Undang-Undang 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan Undang-Undang 35 tahun 2014 tentang perubahan aras Undang-Undang 23 tahun 2002 pada pasal 20 menyebutkan bahwa Negara, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Masyarakat, Keluarga dan Orang Tua atau Wali berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap  penyelenggaraan perlindungan anak, maka dalam hal ini perusahaan merupakan bagian dari kelompok masyarakat dipandang perlu untuk diwadahi.

“Di Kabupaten Bangli ini kita bentuk Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI),” sebut Sedana Arta

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Pelatihan GTA dan DEA di Kabupaten Bangli

Sedana Arta juga menambahkan dengan terbentuknya APSAI ini diharapkan semua perusahaan yang ada di Bangli berkomitmen dan berkontribusi dalam pengembangan Bangli Kabupaten Layak Anak, dengan dukungan dari semua komponen daerah diharapkan anak-anak Bangli dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, terhindar dari kekerasan, sehingga nantinya anak-anak kita menjadi generasi yang tangguh serta dapat berpartisipasi dalam pembangunan bangli ke depan.

Bupati asal Desa Sulahan ini juga menegaskan selain melantik APSAI, Pemerintah Kabupaten Bangli beserta jajarannya, Perbekel/lurah, LSM, APSAI, mendeklarasikan bahwa Bangli siap mewujudkan Kabupaten Layak Anak.

Baca Juga :  Sariasih Sedana Arta Hadiri Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

“Dengan dilantiknya APSAI dan deklarasi yang kita laksanakan ini, saya berharap dapat berkontribusi guna mewujudkan Nangun Sad Keti Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana untuk mewujudkan Bangli Era Baru,” harap Sedana Arta.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News