Bank Sampah
Tim Brida Bali berkunjung di Bank Sampah Kaliber Desa Kalibukbuk. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mengusulkan dua inovator untuk nantinya mendapatkan penghargaan ‘Cintakriya Bali Kerthi Nugraha’ dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bali Tahun 2022.

Kedua inovator yang diusulkan yaitu ada Kelompok Wanita Tani (KWT) Tulus Bakti dengan inovasi sari jahe merah panji herbal (Bidang Inovasi Teknologi IKM, UKM, dan Koperasi) dan Kalibukbuk Bersih (Kaliber) dengan inovasi Bank Sampah Kaliber (Bidang Inovasi Teknologi Pariwisata).

Tahapan untuk verifikasi dan evaluasi pun sudah mulai dilakukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Bali pada Selasa (14/6/2022) kepada kedua inovator yang diusulkan Pemkab Buleleng untuk mendapatkan penghargaan.

Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, dan Inovasi Daerah (Balitbang) Kabupaten Buleleng, Made Supartawan menyampaikan jika tahapan sudah sampai pada verifikasi dan evaluasi terhadap usulan calon penerima penghargaan “Cintakriya Bali Kerthi Nugraha” yang dilaksanakan langsung oleh dua tim.

Baca Juga :  Cegah Data Tercecer, Pemkab Buleleng Bentuk Relawan Pendataan Kemiskinan

“Kita mengikuti lomba di tingkat provinsi ini melalui suatu penjaringan yang telah dilaksanakan dari lomba inovasi di tingkat Kabupaten Buleleng dari 2020 sampai dengan 2021,” jelas Supartawan saat ditemui di KWT Desa Panji.

Menanggapi adanya perlombaan terkait Kaban Supartawan menyebutkan adanya lomba ini nantinya diharapkan dapat lebih meningkatkan inovasi, pengembangan pemberdayaan masyarakat, dan selalu melakukan pembinaan kolaborasi dari dinas-dinas terkait, sehingga inovasi-inovasi itu semakin tergali.

“Kita tahu inovasi di jaman digitalisasi ini sangat penting dan tentu memang itu yang di dorong untuk menuju persaingan globalisasi serta kemajuan suatu daerah Kabupaten Buleleng,” harap Kaban Supartawan.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News