Bank Sampah
Giat perdana Bank Sampah Gumi Resik Kelurahan Sesetan dilaksanakan pada Sabtu (11/6/2022) pagi di Kantor Lurah Sesetan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Giat perdana Bank Sampah Gumi Resik Kelurahan Sesetan dilaksanakan pada Sabtu (11/6/2022) pagi di Kantor Lurah Sesetan diikuti seluruh nasabah bank sampah yang antusias menukarkan sampah yang dihasilkan.

Lurah Sesetan, Putu Wisnu Wardana saat dihubungi mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Bank Sampah Gumi Resik, Kelurahan Sesetan ini merupakan yang pertama kali dilakukan sejak resmi didirikan 9 Mei 2022 lalu.

“Hal yang kami lakukan pagi ini berupa penukaran sampah dengan uang yang dijadikan tabungan dimana tabungan itu sendiri bisa dicairkan 6 bulan sekali sebelum merayakan hari besar keagaaman seperti Hari Raya Galungan,” ujarnya.

Ditambahkan nya, besar harapan pihaknya dengan adanya bank sampah di kelurahan Sesetan, dapat membantu program pemerintah khususnya pemerintah Kota Denpasar dalam pengelolaan sampah berbasis sumber dan dapat mengurangi timbunan sampah plastik yang dihasilkan dari rumah tangga.

Baca Juga :  Aksi Bersih Pantai Bali, Menyelamatkan Surga Wisata dari Sampah Plastik

“Selain itu dengan adanya kegiatan bank sampah ini dapat membantu TPS3R Sesetan dalam mengurangi beban operasional yang diakibatkan oleh daya tampung sampah yang masuk ke TPS3R Sesetan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wisnu Wardana mengajak warganya untuk ikut menangani sampah dengan jalan melakukan pemilihan sampah.

“Dengan melakukan pemilihan sampah disamping mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA juga bisa menghasilkan uang,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News