Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – UGM berhasil menempati peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan jumlah proposal terbanyak yang mendapatkan dana pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi.

“Total ada 84 proposal dari UGM yang memeroleh pendanaan PKM 2022 di delapan bidang,” jelas Kepala Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Suherman, Ph.D., Sabtu (11/6/2022).

Dalam pengumuman pendanaan PKM 2021 Ditjen Dikti Kemdikbud Ristek pada delapan bidang disebutkan UGM berada di peringkat pertama dengan 84 proposal. Diikuti IPB dengan 62 proposal, ITS 59 proposal, Universitas Brawijaya 51 proposal dan UPI 45 proposal.

Suherman menyebutkan UGM mengajukan sebanyak 400 propos PKM di delapan bidang. Dari jumlah tersebut 84 proposal delapan bidang berhasil lolos mendapatkan pendanaan.

Baca Juga :  Bali and Beyond Travel Fair 2022 Resmi Dibuka

Adapun 84 proposal PKM yang memperoleh pendanaan meliputi 8 proposal PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K), 14 proposal PKM bidang Karsa Cipta (PKM-KC), 7 proposal PKM bidang Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), 22 proposal PKM Riset Eksakta (PKM-RE), 15 proposal Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), dan 4 proposal PKM bidang Penerapan Iptek (PKM-PI). Lalu, 12 proposal PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dan 2 proposal PKM Karya Inovatif (PKM-KI). Sementara itu untuk PKM Karya Tulis masih dalam proses penilaian di Dikti.

Suherman mengaku bersyukur dengan capaian saat ini menjadi universitas terbanyak nasional mendapat pendanaan PKM. Hasil yang diperoleh tak lepas dari kerja keras mahasiswa dan dukungan pimpinan universitas, fakultas serta dosen pembina dan pendamping PKM UGM.

Baca Juga :  Jumpa Program Studi Ekonomi Pembangunan 2022 dan Sosialisasi MBKM

“Tantangannya kedepan PKM yang didanai bisa serius dalam pelaksanaan program agar berpeluang lolos PIMNAS ke-35 tahun 2022,” tuturnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini