Aksara Bali
Festival Nyurat Aksara Bali Yayasan Dwijendra. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Festival Nyurat Aksara Bali tingkat SD se-Kota Denpasar yang digelar Yayasan Dwijendra dan Universitas Dwijendra dengan Pemukulan Gong di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Rabu (11/5/2022). Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang penguatan jati diri guna mendukung pelestarian bahasa, aksara dan sastra yang merupakan budaya Bali.

Hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 1611 Badung, Kolonel Inf. Dody Triyo Hadi, Ketua Yayasan Dwijendra, Dr. Ketut Wirawan, SH, M.Hum, Rektor Universitas Dwijendra, Dr. Ir. I Gede Sedana, Panglingsir Puri se-Kota Denpasar serta undangan lainya.

Ketua Yayasan Dwijendra, Dr. Ketut Wirawan, SH, M.Hum didampingi Rektor Universitas Dwijendra, Dr. Ir. I Gede Sedana saat diwawanrai menjelaskan, bahasa daerah di Indonesia dihormati sebagai kekayan budaya nasional. Bahasa, aksara dan sastra Bali merupakan bagian dari peradaban yang tinggi. Sehingga secara berkelanjutan penting untuk dilestarikan.

Lebih lanjut dijelaskan, Bahasa Bali merupakan bahasa daerah yang fasih digunakan oleh masyarakat Bali. Namun ditengah kemajuan peradaban saat ini, beragam upaya dilaksanakan guna mendukung pelestarian bahasa, aksara dan sastra Bali. Seperti halnya penelitian, pengajaran dan pembinaan di berbagai lapisan masyarakat.

Baca Juga :  Lomba Baleganjur HUT Ke-420 Kota Singaraja Pukau Ribuan Penonton

Ketut Wirawan mengatakan, pelaksanaan festival kali ini diikuti oleh 427 peserta yang merupakan siswa SD di Kota Denpasar. Dimana, pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan sepirit Yayasan Dwijendra dalam melestarikan dan mengembangkan Budaya Bali.

“Tentu pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan komitmen dan semangat Yayasan Dwijendra dalam melestarikan dan mengembangkan bahasa, aksara dan sastra Bali. baik di sekolah, di masyarakat, desa dan bebanjaran, sehingga mampu mengenalkan dan mengukuhkan bahasa, aksara dan sastra Bali, Dwijendra memiliki komitmen menjaga budaya Bali,” ujarnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Sampaikan LKPJ TA. 2023 di Hadapan Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar
aksara bali
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat membuka secara resmi Festival Nyurat Aksara Bali tingkat SD se-Kota Denpasar yang digelar Yayasan Dwijendra dan Universitas Dwijendra dengan Pemukulan Gong di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Rabu (11/5/2022). Sumber Foto : Istimewa

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat diwawancarai memberikan apresiasi kepada Yayasan Dwijendra, khususnya Universitas Dwijendra yang telah melaksanakan Festival Nyurat Aksara Bali. Dimana, lewat kegiatan ini secara langsung mendukung visi Denpasar sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar maju. Hal ini khususnya misi kelima yakni menguatkan jati diri dan pemberdayaan  masyarakat berdasarkan kebudayaan Bali.

“Melalui Festival Nyurat Aksara Bali Tingkat SD yang dilaksanakan Universitas Dwijendra ini visi misi Kota Denpasar diwujudkan secara nyata, kegiatan positif ini tentu diharapkan dapat memperkuat jati diri masyarakat, khsusnya dikalangan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka DTIK Fest 2024, Jadi Wahana Edukasi Tingkatkan Jejaring dan Kolaborasi

Jaya Negara menjelaskan, tantangan masyarakat di masa globalisasi dan digitalisasi ini sangat kompleks. Dimana, perkembangan zaman dan pesatnya pertumbuhan teknologi harus diimbangi dengan penguatan jati diri, terutama kebudayaan Bali.

“Melalui lomba ini anak-anak kembali dperkenalkan akar budaya, sehingga dapat kukuh dengan jati diri, tentu kami berikan apresiasi dan mengajak seluruh stakeholder di Kota Denpasar agar bersama-sama menguatkan jati diri dan budaya,”ujar Jaya Negara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News