PPRG 
Wabup Wayan Diar Buka Pelatihan PPRG  Bagi SDM Perencanaan di Lingkungan Pemkab Bangli Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Acara yang dipusatkan di ruang  krisna Kantor Bupati Bangli, Senin (30/5/2022) tentang pelatihan  Perencanaan Penganggaran Responsive  Gender  (PPRG) ini dibuka langsung Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar yang didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bangli, Ida Ayu Gede Yudi Sutha.

Sebagai motivasi, Wabup I Wayan Diar awali sambutan dengan memberikan pemahan kesetaraan gender kepada para peserta pelatihan, dijelaskan kesetaraan gender adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan perpartisifasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan nasional, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.

“Maka dari itu, pemerintah melalui kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak telah mendesain dan menyosialisasikan sebuah sistem dan strategi untuk mewujudkan kesetaraan gender yaitu dengan program pengarusutamaan gender di daerah,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan Wabup, pengarusutamaan gender adalah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan nasional.

Baca Juga :  Ratusan Personel Polres Bangli Ikuti Vaksinasi Covid-19

“Maka dengan adanya pelatihan ini saya berharap di masing-masing OPD supaya  tersedia sumber daya manusia (SDM) yang terlatih untuk mengimplementasikan dokumen perencanaan penganggaran  responsive gender (PPRG) dengan anggaran yang sudah ada dimasing masing OPD. Apalagi PPRG ini ajang persiapan evaluasi/penilaian pengarusutamaan Gender(PUG) dengan hasil berupa penghargaan bagi kabupaten/kota predikat Anugerah Parahita Ekapraya (APE), kita harus bisa! Untuk mendukung itu semua memang butuh proses,” ujar Wabup.

Ia berharap setelah pelatihan terlaksana peserta dapat mengaplikasikan dan menganalisa anggaran yang responsive gender di OPD-nya secara berkesinambungan dan secara umum dapat mengimplementasikan kepada pembangunan di kabupaten bangli guna mewujudkan Nangun Sad Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana untuk mewujudkan Bangli era baru.

Baca Juga :  Unud Menggelar Sosialisasi BLU Maturity Rating di Lingkungan Unit Kerja BLU

Sementara itu, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bangli, Ida Ayu Gede Yudi Sutha melaporkan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai yang menangani perencanaan dimasing masing OPD selama 2 hari yang dimulai pada tanggal 30 s.d. 31 Mei 2022 dengan materi kegiatan pembuka wawasan tentang PPRG, tatacara penyusunan gender analysis patway (GAP) gender budget statement (GBS) dan term of reference (TOR) serta  latihan teknis penyusunannya dengan narasumber pelatih perencanaan penganggaran responsive gender Dr. Anak Agung Ayu Ngurah Tini Rusmini Gorda, SH., MM., MH., dari pusat Studi Undiknas Denpasar.

Adapun tujuan yang disampaikan Dayu Yudi  terkait tujuan dari pelatihan perencanaan penganggaran responsive  gender (PPRG) adalah sebagai langkah mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di berbagai bidang kehidupan khususnya di Kabupaten Bangli dan tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang terlatih untuk mengimplementasikan dokumen perencanaan penganggaran yang responsive gender dengan anggaran yang sudah ada di masing-masing OPD. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini