Benih Padi
Badung Serahkan Subsidi Benih Padi Kepada Subak. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Wayan Wijana menyerahkan secara simbolis subsidi benih padi kepada Subak se-Kabupaten Badung Tahun 2022, dilanjutkan dengan menyerahkan Piagam penghargaan kepada Forkopimda Badung, bertempat di Ruang Pertemuan Kerta Gosana, di Puspem Badung, Senin (30/5/2022).

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Badung, Putu Parwata, Anggota DPRD Badung, I Gusti Lanang Umbara, Kepala Bapenda Badung, I Made Sutama, perwakilan Forkopimda Badung, Camat se-Badung, Ketua Madya Subak Kab. Badung, I Made Suka serta para Krama Subak se-Badung.

Dalam sambutan Bupati Badung yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Wayan Wijana menyampaikan, situasi pandemi Covid-19, sudah memberikan pelajaran penting bagi kita semua, meskipun Pemerintah melakukan pembatasan sosial, namun para petani tetap harus bekerja di sawah guna mempertahankan produksi pangan sekaligus memenuhi kebutuhan pokok pangan bagi masyarakat.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Badung mengucapkan terima kasih, sekaligus memberikan apresiasi khususnya kepada para pekaseh dan petani di Kabupaten Badung, berkat kerja keras para petani dalam dedikasinya untuk menggarap lahan pertanian sampai saat ini kebutuhan pangan pokok beras di Kabupaten Badung masih bisa terpenuhi dengan baik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dukung Penyelenggaraan WWF Ke-10, Pemprov Bali Akan Gelar Upacara Segara Kerthi

Lebih lanjut dikatakan, sebagai wujud dukungan pemerintah dalam mempertahankan aktivitas dari sektor pertanian, maka Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen untuk selalu memberikan perhatian bagi kebutuhan dasar para petani. Berbagai program kegiatan yang sudah dirancang melalui pembangunan rehabilitas saluran Irigasi, bantuan subsidi benih, pupuk non subsidi dan obat-obatan seperti Pestisida, bantuan alat mesin pertanian, alat pasca panen, Jalan Usaha Tani (JUT).

”Sebagai bukti nyata komitmen dan perhatian terhadap sektor pertanian, maka pada hari ini saya menyerahkan subsidi benih padi secara simbolis kepada Subak se-Kabupaten Badung. Diharapkan nanti dapat meningkatkan produktivitas padi pada lahan sawah seluas 9.495,35 hektar. Sebagai salah satu upaya untuk mengurangi pengeluaran petani, di samping mendorong peningkatan Nilai Tukar Petani (NTP), juga menjaga ketersediaan pangan yang strategis bagi masyarakat Badung. Pihaknya juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setingginya kepada Forkopimda Kabupaten Badung sudah ikut mendukung sekaligus ikut berpartisipasinya dalam menjaga ketahanan pangan kepada masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Badung Tingkatkan Kualitas Pembinaan Generasi Muda

Ketua Panitia selaku Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian, I Ketut Gde Widiarta Negara dalam sambutanya melaporkan, adapun dasar hukum pelaksanaan pemberian subsidi benih padi melalui Peraturan Daerah Kab. Badung Nomor 9 Tahun 2021, tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Badung Tahun 2022, Peraturan Bupati Badung Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Pemberian Subsidi Harga Kepada Petani Untuk Pembelian Benih Padi dan Kedelai dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah, Keputusan Bupati Badung Nomor 172/048/Hk/2022, tentang Penetapan Subak Penerima Subsidi Benih Padi tahun 2022.

“Adapun maksud pelaksanaan pemberian subsidi benih padi yakni untuk meningkatkan produktivitas sekaligus menjaga stabilitas ketahanan pangan masyarakat. Tujuan acara ini untuk meningkatkan penggunaan benih dengan fasilitas unggul dan bermutu. Meningkatkan produksi dengan menekan munculnya Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), serta meringankan beban biaya pembelian benih, juga untuk mendorong peningkatan Nilai Tukar Usaha Petani (NTUP), dengan harapan  dapat meningkatkan kesejahteraan petani,“ terangnya.

Baca Juga :  Kembali Bertambah Konektivitas India, Indigo Airlines Beroperasi Perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Lebih lanjut dikatakan, subsidi benih padi diberikan kepada 117 Subak se-Kabupaten Badung, terdiri dari 19 Subak di Kecamatan Kuta Utara, 48 Subak di Kecamatan Mengwi, 34 Subak di Kecamatan Abiansemal, 16 Subak di Kecamatan Petang, dan 1 Subak di Kecamatan Kuta. Untuk luas lahan 9.495,35 hektar. Adapun jumlah benih padi yang disubsidi sebanyak 237.384 kilogram. Volume bantuan dihitung secara proporsional, disesuaikan dengan luas lahan sawah yang digarap krama subak.

“Penyaluran subsidi benih padi dimulai pada bulan Mei sampai bulan Desember Tahun 2022. Disesuaikan dengan jadwal tanam yang sudah ditentukan waktunya oleh masing-masing subak,” jelasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News