PLN
UTBK–SBMPTN 2022 Berlangsung Tanpa Kedip, PLN Siagakan Keandalan Pasokan Listrik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali pastikan pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 telah berlangsung aman tanpa kedip.

“Ujian ini menggunakan komputer dan internet sehingga sangat mengandalkan suplai listrik dengan keandalan yang sangat baik, tentu PLN menjawab tantangan ini dan sudah terlihat dari pelaksanaan UTBK tanpa padam yang berlangsung sejak 17 Mei lalu” ujar Senior Manager Distribusi PLN UID Bali, I Made Suamba.

Suamba juga menjelaskan kriteria keandalan pasokan listrik meliputi keandalan di sisi operasi sistem, keandalan pembangkit, keandalan transmisi, keandalan distribusi dan pengamanan di lokasi tempat kegiatan berlangsung.

“Sejak 9 Mei lalu, PLN menggiatkan serangkaian persiapan yakni dengan perencanaan dan mitigasi risiko pasokan listrik untuk menunjang kegiatan ini dengan memastikan kecukupan pembangkit dan energi primer, keandalan transmisi dan distribusi, melakukan assesment peralatan, dan kesiapan back up pasokan di lokasi ujian,” tambahnya, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Gathering ‘Setneg Mantul Road to G20’, Jadi Momentum Akselerasi Pemulihan Ekonomi dan Pariwisata Bali

Saat ini, menurutnya, pasokan listrik dari pembangkit dalam kondisi aman yakni daya mampu sebesar 1.322 megawatt dan beban puncak mencapai 819,4 megawatt sehingga terdapat cadangan daya hingga 38 persen atau 502,7 megawatt.

“Kami telah menyusun SOP untuk mendukung kegiatan ini, dan menerjunkan 101 personil siaga serta prasarana pendukung antara lain 5 unit UPS, 2 unit genset, dan 8 unit gardu bergerak,” jelas Suamba.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa selama pelaksanaan ujian berlangsung, PLN tidak melaksanakan kegiatan pemeliharaan terencana khususnya pada jaringan – jaringan yang memasok listrik menuju lokasi ujian.

“Pelaksanaan pemeliharaan terencana harian akan dikerjakan melalui Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan yang dapat melaksanakan pemeliharaan dengan on line maintenance yakni metode sentuh langsung atau berjarak,” kata Suamba.

Pihaknya memastikan komitmen PLN dalam mengawal pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2022 yang berlangsung di 24 lokasi dengan tanpa kedip ini, akan terus berlanjut hingga pada 23 Mei 2022, dan akan kembali berlangsung gelombang 2 pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

Suamba juga menyampaikan selama masa UTBK berlangsung, bagi pelanggan yang menemui gangguan listrik atau membutuhkan layanan listrik dapat menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini