Partner UMKM
Peringati Hari BPR-BPRS Nasional, Bupati Tamba: BPR Jadi Partner UMKM. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Guna mempringati Hari BPR-BPRS Nasional Tahun 2022 yang dipusatkan di Anjungan Cerdas Mandiri Rambut Siwi, Jembrana, Sabtu (21/5/2022), berlangsung meriah dengan mengambil tema ‘Kita Tingkatkan Peran Serta BPR-BPRS Dalam Pelayanan Berbasis Digital Kepada UMKM’.

Seluruh direksi BPR-BPRS se-Bali hadir di tempat tersebut, tak terkecuali Ketua DPD Perbarindo Bali dan Ketua DPK Perbarindo se-Bali. Tampak Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya juga turut hadir dalam acara tersebut.

Puncak peringatan Hari BPR-BPRS Nasional di Bali itu diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tamba yang diberikan kepada Ketua DPD Perbarindo Bali, I Ketut Wiratjana sekaligus membuka acara peringatan hari BPR-BPRS Nasional.

Dalam kesempatannya, Bupati Tamba menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Kabupaten Jembrana sebagai lokasi pelaksanaan peringatan hari BPR-BPRS Nasional Tahun 2022.

“Saya mengucapkan terima kasih dipilihnya Kabupaten Jembrana oleh beliau yang mempunyai aktifitas perbankan dan tentunya dalam hal ini saya mengajak masyarakat saya, karena UMKM kita sudah mulai bergerak bagus maka yang menjadi partner pertama itu adalah bank,” ucap Bupati Tamba.

Selain itu, Tamba juga mengutarakan agar BPR yang ada di Jembrana dapat memberikan edukasinya kepada para nasabah.  Agar dana yang diterimanya nanti dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Baca Juga :  Wabup Sumba Barat Timba Ilmu Kelola Sampah Badung

“Saya harap bank bisa memberikan edukasi kepada calon calon penerima bantuan perbankan jangan sampai hasil daripada kredit yang diterima oleh calon penerima kredit ini disalah gunakan, pergerakan ekonomi akan sangat bagus sekali apabila pemanfaatan BPR yang ada di Jembrana dimanfaatkan dengan betul, harapan saya seperti itu karena kita mempunyai cita-cita di tahun 2026 Jembrana sebagai tahun Emas,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPD Perbarindo I Ketut Wiratjana menyampaikan bahwa peringatan hari BPR-BPRS dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada 21 Mei.

Baca Juga :  Peringatan Anniversary 5 Tahun Komunitas Honda Verza

“Pada kesempatan yang bersamaan juga seluruh Indonesia pada hari ini merayakan Hari BPR-BPRS Nasional di masing-masing Provinsi di 24 Provinsi, dan oleh karena itu kami memilih tempat disini karena dibarengi pada saat ini juga Touring dari Denpasar sampai ke Jembrana yang diikuti 600 orang BPR-BPRS se-Bali,” kata Wiratjana.

Wiratjana menjelaskan terkait sirkulasi pendanaan yang ada di BPR se-Bali dan keistimewaan BPR dibandingkan dengan bank umum sehingga bisa memberikan pelayanan lebih kepada nasabah.

“Untuk saat ini, sementara total aset daripada BPR sampai saat ini adalah Rp15,58 triliun dan kredit yang sudah disalurkan ke seluruh Bali ada Rp11,9 triliun, sedangkan dana pihak ketiga yang dihimpun oleh BPR di seluruh Bali itu ada Rp13,53 Triliun. Di Bali ada 134 BPR-BPRS, jadi 133 BPR konvensional dan 1 BPRS. Saya informasikan kalau BPR diberikan keistimewaan, kelebihan daripada BPR yaitu diberikan keistimewaan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dijamin lebih besar bunganya 2,5 persen pertahun,” terangnya.

Baca Juga :  Posyandu Lebaran di Soka Layani Tiket Penyeberangan

Disisi lain, Ananda R. Mooy yang merupakan Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Bali menuturkan tentang keberadaan BPR di Kabupaten Jembrana yang mana memiliki kontribusi terhadap kemajuan perekonomian di Jembrana.

“Khusus di Kabupaten Jembrana terdapat 1 kantor pusat BPR, 3 kantor cabang dan 2 kantor kas. Terdapat Rp28 miliar dana pihak ketiga, Rp68 miliar kredit dan Rp84 miliar aset. Kontribusi BPR di Kabupaten Jembrana untuk meningkatkan inklusi keuangan dan perekonomian perlu terus ditingkatkan, mengingat perekonomian Kabupaten Jembrana terus pulih dan terus meningkat dalam masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini. Saya kira juga prestasi dari bapak Bupati Tamba yang sangat energik,” tuturnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini